Lomba Cerdas Cermat 2022 Digelar, Berlangsung Seru Sedari Penyisihan




MADIUN – Lomba Cerdas Cermat (LCC) kembali digelar di Kota Madiun. LCC 2022 itu sudah berlangsung sengit sedari babak penyisihan. Seperti yang terlihat di babak penyisihan tingkat Sekolah Dsar (SD) wilayah Kecamatan Manguharjo ini. Sebanyak 22 SD negeri dan swasta di wilayah tersebut mengikuti babak penyisihan LCC yang berlangsung di SDN Ngegong, Kamis (17/11). Dua dari puluhan peserta itu berhak mewakili Kecamatan Manguharjo untuk ditingkat kota.


‘’Dari semua SD di wilayah Kecamatan Manguharjo semuanya mengikuti. Hari ini kita lakukan babak penyisihan untuk nanti mewakili kecamatan,’’ kata Ketua Panitia LCC 2022 Kecamatan Manguharjo, Sugiyono.


Penyisihan terbagi dalam tiga babak. Di babak pertama, 22 peserta tersebut adu cepat menyelesaikan soal pilihan ganda sebanyak 60 soal. Durasi maksimalnya 60 menit. 10 regu dengan nilai terbaik berhak mengikuti babak kedua. Sisanya terpaksa harus gugur. Di babak kedua, sepuluh peserta itu dihadapkan 40 soal dengan durasi 40 menit. Lima peserta terbaik berhak melaju ke babak ketiga. 


‘’Di babak ketiga, lima peserta tersisa dihadapkan dengan 30 soal dengan durasi 30 menit. Dua tim dengan nilai terbaik berhak melaju ke tingkat kota,’’ jelasnya sembari menyebut catatan waktu menjadi penentu jika terdapat nilai yang sama.


Mata pelajaran yang dilombakan juga menyeluruh. Mulai PPKN Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Jawa, Seni  Budaya dan Prakarya (SBdP), serta Pengetahuan Umum. Tim penyusun soal dari perwakilan guru-guru SD di wilayah Kecamatan Manguharjo. Sugiyono menyebut keberadaan LCC tersebut tidak hanya untuk memacu semangat belajar peserta didik. Tetapi juga untuk memberikan poin lebih kepada siswa peserta. Sebab, piagam pemenang bisa memberikan poin besar untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi. 


‘’Ini bisa menjadi poin tambahan bagi siswa saat PPDB nanti. Karenanya, peserta sangat antusias,’’ pungkasnya sembari menyebut SDN 05 Madiun Lor dan SDN 03 Madiun Lor menjadi dua tim terbaik dan berhak melaju ke tingkat kota.


LCC 2022 tingkat kota bakal digelar, Selasa (22/11) untuk tingkat SD dan Senin (21/11) untuk tingkat SMP. Rencananya, LCC tingkat kota berlangsung di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun. (dspp/agi/madiuntoday)