Kejurnas Drum Band 2022 Dimulai, Ada Belasan Peserta dari Berbagai Provinsi di Tanah Air




MADIUN – Kejurnas Drum Band 2022 di Kota Madiun resmi dimulai, Rabu (7/12). Kejuaraan nasional itu diikuti 16 peserta perwakilan provinsi. Terdapat sejumlah kategori dalam kejuaraan kali ini. Yakni, Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). 


‘’Ada bermacam kategori. Yang pertama tampil ini dari kategori Lomba Baris Berbaris (LBB),’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun, Agus Purwowidagdo.


Peserta datang dari berbagai provinsi di tanah air. Di antaranya, kontingen Provinsi Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jambi, dan Kalimantan Tengah. Satu peserta dari Kalimantan Timur mengundurkan diri karena sesuatu hal. Padahal tim sudah turut dalam technical meeting pada Selasa (6/12) kemarin. 


‘’Kota Madiun hanya menjadi tuan rumah, seluruh panitia dari (PDBI) Persatuan Drum Band Indonesia,’’ imbuhnya. 


Dalam Kejurnas di Kota Madiun ini juga terdapat keistimewaan tersendiri. Yakni, adanya Parade Nusantara yang dijadwalkan, Sabtu (10/12) nanti. Seluruh peserta Kejurnas ditambah tim grup drum band dari Kota Madiun turut dalam Parade Nusantara ini. Selain itu, juga ada bintang tamu dari Marching Band Cendrawasih Taruna Akademi Polisi (Akpol). Parade Nusantara dimulai dari Balai Kota dan finish di Stadion Wilis Kota Madiun. 


‘’Kenapa Parade Nusantara, karena peserta akan mengenakan pakaian khas masing-masing saat parade ini,’’ imbuhnya. 


Agus mengajak seluruh masyarakat Kota Madiun dan sekitar untuk turut meramaikan Kejurnas. Setiap perhelatan lomba dibuka untuk umum dan gratis. Masyarakat bisa datang ke GOR Wilis Kota Madiun untuk lomba LBB dan LUG yang berlangsung hari ini dan besok. Sedang, untuk LBJP dan LKKB di Stadion Wilis. 


‘’Tentu saja berkat ini ada multiplier effect yang luar biasa. Mulai UMKM, perhotelan, dan lain sebagainya. Kepada masyarakat ayo kita ramaikan Kejurnas ini,’’ pungkasnya sembari mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik. (luqman/agi/madiuntoday)