Animo Luar Biasa, Parade Nusantara Geliatkan Perekonomian Sekaligus Ajang Promosi Kota




MADIUN – Gelaran Parade Nusantara di Kota Madiun berhasil menarik perhatian animo masyarakat. Ribuan masyarakat hadir menyaksikan gelaran rangkaian Kejurnas Drum Band 2022 tersebut. Baik yang melihat di sepanjang rute drum band maupun di Stadion Wilis, lokasi finish. Apalagi, terdapat aksi Drumcorps Pelopor Cenderawasih Akademi Polisi (Akpol) sebagai bintang tamu. Wali Kota Madiun, Maidi menyebut kegiatan jadi ajang promosi perkembangan Kota Pendekar. 


‘’Kota ini harus dikenalkan, ada banyak masyarakat yang datang. Peserta juga dari berbagai provinsi. Ini kesempatan kita untuk mempromosikan kota,’’ kata Wali Kota Maidi, usai gelaran, Sabtu (10/12).


Wali kota menyebut jangan sampai ada mindset bahwa Kota Madiun kota yang tidak berkembang. Padahal ada banyak perubahan menarik. Ikon-ikon baru dimunculkan. Ada banyak tempat-tempat menarik. Melihat perubahan Kota Madiun tersebut tentu tidak cukup hanya melalui media sosial. Tetapi harus datang melihat dan merasakan langsung. Ajang Parade Nusantara bisa menjadi sarana yang pas untuk promosi tersebut. 


‘’Saat ini, kota kita sedang berbenah dan terus berkembang pesat. Mulai tata kotanya maupun ekonominya. Kita hadirkan event-event seperti ini agar mereka bisa melihat langsung,’’ jelasnya. 


Selain itu, Parade Nusantara diharap juga bisa membangkitkan ketertarikan generasi sekarang akan khazanah nusantara. Peserta memang mengenakan atribut daerah masing-masing. Parade Nusantara ini setidaknya diikuti 15 grup drum band dari berbagai provinsi. Belum lagi, drum band lokal Kota Madiun. Wali kota menambahkan Parade Nusantara bisa jadi sarana edukasi bagi masyarakat dan peserta. 


‘’Anak-anak jangan sampai terlena kemajuan teknologi. Kita punya kekayaan luar biasa akan nusantara. Anak-anak harus semakin kita kenalkan itu. Harus punya mindset bahwa nusantara itu milik kita,’’ ungkapnya.


Terakhir, Parade Nusantara juga menjadi sarana peningkatan ekonomi kota. Seperti diketahui hadirnya masyarakat tentu menjadi potensi ekonomi tersendiri. Baik dari segi UMKM maupun jasa parkir. Ekonomi, lanjutnya, memang harus terus digeliatkan. 


‘’Pasti berdampak baik bagi ekonomi kita. Melihatnya mudah, coba besok ada penambahan berapa ton sampah,’’ pungkasnya. (rams/radit/luqman/agi/madiuntoday)