Ada Layanan Pecel Mas di Kelurahan Manguharjo, Urus Surat-surat Tak Perlu Tinggalkan Rumah




MADIUN – Pelayanan kepada masyarakat di Kota Madiun semakin termudahkan kini. Berbagai inovasi layanan bermunculan. Seperti inovasi Pelayanan Cepat Langsung Kepada Masyarakat (Pecel Mas) Kelurahan Manguharjo ini. Masyarakat kelurahan setempat tidak perlu datang ke kantor kelurahan untuk mengurus berbagai macam surat. Masyarakat cukup mengirim foto berkas yang dibutuhkan melalui nomor layanan kelurahan. Petugas bakal mengirimkan berkas yang sudah jadi ke tempat warga yang bersangkutan. 


‘’Inovasi ini awalnya karena kami kasihan ada warga datang ke kantor kelurahan dalam keadaan sakit untuk mengurus surat. Jadi kami berfikir untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat melalui inovassi Pecel Mas ini,’’ kata Lurah Kelurahan Manguharjo, Agus Budiharto, Kamis (12/1).


Agus menambahkan, kepengurusan berbagai surat kini tidak perlu lagi datang ke kantor kelurahan. Masyarakat cukup mengirimkan file berkas yang dibutuhkan. Misalnya, surat pengantar RT untuk kepengurusan SKCK atau surat lainnya. Pihaknya memang menyediakan nomor layanan khusus. Saat berkas yang dimohon jadi, petugas yang akan mengirimkannya. 


Lurah sengaja menggunakan motor dinasnya untuk dipergunakan sebagai kendaraan pengantar. Sedang dirinya menggunakan kendaraan pribadi. Ke depan, tidak hanya urusan surat menyurat. Namun, juga sidang ahli waris. Lurah menyebut sidang ahli waris biasanya berlangsung di kantor kelurahan dengan menghadirkan pihak terkait. Namun, kebanyakan mereka sudah kelewat sepuh. Karenanya, pihaknya menghadirkan inovasi sidang ahli waris di rumah warga yang bersangkutan. 


‘’Jadi yang bersangkutan cukup menunggu di rumah, kami akan datang. Pada prinsipnya kami ingin memudahkan masyarakat. Kasihan kalau sudah sepuh-sepuh harus datang ke kantor kelurahan,’’ terangnya. 


Giana salah seorang warga pemohon mengaku sangat terbantu dengan layanan tersebut. Dirinya yang tengah mengurus SKCK tersebut tidak banyak membuang waktu dan cukup menunggu di rumah. Pun, prosesnya cukup mudah. Dirinya, cukup mengirimkan surat pengantar dari RT melalui nomor layanan tersebut. 


‘’Saya terbantu sekali. Jadi tidak wira-wiri. Juga cepat. Tadi pagi saya kirim berkasnya, siang sudah dikirim. Saya pikir besok baru dikirim. Saya tidak perlu meninggalkan rumah tentunya jadi efisien,’’ ungkap warga Jalan Gajah Mada 83 itu. (ney/agi/madiuntoday)