Didominasi Wajah Baru, KPU Harap 81 PPS Profesional Jalankan Tugas




MADIUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun melantik 81 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2024. 50 persen anggotannya didominasi wajah baru dari kalangan anak muda. 


Hal itu diketahui seusai pelantikan yang digelar di Aston Hotel Madiun, Selasa (24/1). 

Ketua KPU Kota Madiun, Wisnu Wardhana mengatakan, dari 81 orang PPS, kuota 30 persen keterwakilan perempuan telah terpenuhi. 


Rinciannya 42 laki-laki dan 39 perempuan. Menurut Wisnu, banyaknya kalangan muda menjadi anggota PPS, menjadi tugas KPU untuk memberikan bimbingan teknis (bimtek) secara intensif.


“Yang muda ya kira-kira ada lebih 50 persen lah. Karena mereka memang punya kompetensi di bidang IT dan punya pengetahuan tentang kepemiluan,” ungkapnya. 


Wisnu menyebut, 81 PPS yang berasal dari 27 kelurahan di Kota Madiun itu terpilih dari serangkaian tahapan seleksi. Mulai administrasi, tes tulis CAT hingga tes wawancara. Karena itu dirinya berharap mereka segera meningkatkan kompetensi dan profesionalitas. 


Tak hanya itu, sikap dan perilaku yang dimiliki anggota PPS harus mencerminkan penyelenggara, mengedepankan netralitas dan indepen dalam melaksanakan setiap tahapan serta memahami tahapan pemilu.


“Mereka juga harus segera berkoordinasi dengan stakeholder di kelurahan, tiga pilar, mereka juga harus tahu dan mengenal parpol cuma harus sesuai ketentuan,” ucapnya. 


Seusai dilantik, Wisnu menambahkan, kemungkinan mereka juga bakal dilibatkan dalam kegiatan verifikasi faktual di lapangan terhadap dukungan calon perseorangan DPD. 


Terdekat, mereka akan membentuk panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) serta membentuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk Pemilu 2024.

(NEY/kus/madiuntoday)