Bentuk Redkar, Damkar Kota Madiun Beri Keterampilan Padamkan Api Hingga Rescue Animal



MADIUN - Sebanyak 54 relawan pemadam kebakaran (Redkar) diberi pembekalan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Madiun, Rabu (25/1). 


Para relawan yang berasal dari 27 kelurahan di Kota Madiun itu diberikan pembekalan keterampilan bagaimana cara memadamkan api hingga rescue animal. Mulai dari penanganan sarang tawon hingga mengatasi ular liar. 


“Tugas pokok membantu pelaksanaan tugas dari pemadam kebakaran. Mereka sebagai mitra Damkar. Tiap kelurahan mengirimkan dua perwakilan,” terang Kasi Penanggulanan Kebakaran dan Evakuasi Kebakaran Anang Dwi Sulistyanto. 


Lebih lanjut dirinya mengatakan, tujuan dari Redkar adalah upaya meningkatkan peran masyarakat agak dapat berperan aktif apabila terjadi bencana kebakaran sehingga dapat  bertindak cepat dan tepat. 


“SOP kami kalau ada kejadian kebakaran 15 menit sampai lokasi. Redkar sebagai kepanjangan tangan diharapkan bisa lebih cepat melakukan penanganan pertama dan memastikan kalau info kebakaran bukan hoaks,” jelasnya. 


Melalui pelatihan yang digelar selama dua hari ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman baru terhadap para relawan kebakaran. Sehingga mereka bisa tahu apa yang harus dilakukan saat bahaya api datang. 

(Dspp/kus/madiuntoday)