Laksanakan Ibadah Umrah, Wali Kota Juga Gali Ide untuk Kota Madiun




MADIUN – Wali Kota Madiun, Maidi tengah melaksanakan ibadah umrah saat ini. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu berangkat ke tanah suci pada Sabtu (28/1) kemarin. Aktivitas mengenai ibadah umrah itu diunggah wali kota melalui instagram pribadinya di @pakmaidi sejak masih di rumah sampai kegiatan di sana. 


Wali kota memang tidak langsung ke Baitullah. Rombongan terlebih dulu singgah di kota Dubai. Wali kota dan rombongan sudah sampai di ibu kota Uni Emirat Arab itu pada Minggu (29/1). Berbagai kegiatan dilakukan. Mulai sarapan hingga mengunjungi Architectural Heritage Society, Al Fahidi, Dubai. Kawasan itu disebut sebagai kota tuanya Dubai. 


‘’Jika mendengar Dubai pasti terbesit wilayah timur tengah yang berisi bangunan serba mewah, mobil sport seperti Ferrari atau Bugatti berlalu lalang. Tidak semuanya begitu, hari ini saya mampir di Architectural Heritage Society - Al Fahidi St - Dubai - United Arab Emirates. Di sini saya melihat Dubai dari sisi tradisional, biasa disebut Old Dubai.’’ tulis wali kota. 


Mantan Sekda Kota Madiun itu menuliskan banyak hal soal kota tua tersebut. Salah satunya, terkait arsitektur tua kawasan tersebut. Wali kota menuliskan soal banyak gang kecil di antara bangunan. Gang kecil itu disebut Sikka. Tujuannya, menciptakan terowongan angin untuk menurunkan suhu jalanan. Selain itu, wali kota juga mengunjungi Grand Souq - Bur Dubai yang merupakan sebuah pasar tradisional. 


‘’Yang ingin saya bawa pulang adalah lampu warna-warni, bagus sekali. Jika dipasang di sekitar Ka’bah (Pahlawan Religi Center) pasti membuat area itu makin cantik.’’ tulisnya.


Wali kota juga terkesan dengan Bus wisata yang ditumpangi. Bus wisata bernama Heritage Express itu berwarna merah menyala dengan hiasan ornament-ornamen khas timur tengah.Wali kota juga tertarik mengadopsi bus tersebut untuk di Kota Madiun. Itu dilakukan untuk menambah pilihan bus wisata bagi pengunjung. 


‘’Saya akan buat beberapa untuk di Kota Madiun. Agar pilihan bus wisatanya bermacam macam. Alhamdulillah banyak ide yang bisa dibawa pulang.’’ tutup wali kota di unggahan tersebut.


Di postingan yang lain, wali kota juga mengunggah kegiatan di Desert Safari Dubai. Wali kota menceritakan bagaimana melewati hamparan gurun pasir yang luas dan berbukit-bukit menggunakan mobil 4x4. Rute yang menantang menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, di lokasi itu wali kota juga menikmati hiburan tarian api, tarian sufi, dan belly dance. Wali kota menyebut tarian api dan sufi sejatinya seniman Kota Madiun juga bisa melakukan. Namun, perlu tambahan referensi agar penampilan semakin menarik. Di sela kegiatan wisata gurun pasir itu wali kota juga menggali ide untuk Kota Madiun. Salah satunya, menciptakan wisata tour serupa dengan mengkoneksikan daerah sekitar. 


‘’Mungkin bisa menggunakan mobil-mobil khusus seperti ini tetapi harus terkoneksi Madiun raya. Jadi mungkin ada paket wisata dari Kota Madiun, Ngebel, Sarangan, dan lain sebagainya,’’ ungkap wali kota.


Walo kota juga mengutarakan kegiatan selanjutnya. Yakni, akan mengunjungi Kota Abu Dhabi sebelum ke Mekkah, Arab Saudi. Tak hanya umrah, wali kota juga berupaya mencari kain Kiswah asli dan juga karpet Raudhah. Keduanya akan dipasang di Musala Ka’bah Pahlawan Religi Center (PRC). Wali kota juga meminta doa agar upaya tersebut berhasil. (faizal rahman/agi/madiuntoday)