Bekali Ilmu Agama, Siswa SD Ikuti Manasik Umroh di PRC




MADIUN – Kawasan Pahlawan Religi Center (PRC) semakin banyak dimanfaatkan kini. Setelah digunakan sebagai lokasi manasik umrah bagi para guru, kasek, hingga pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan, kini giliran siswa SD seluruh Kota Madiun yang mengikuti kegiatan tersebut. 

“Pemerintah sudah menyediakan tempat pembelajaran yang bagus. Bahkan dibuat seperti aslinya. Ini bisa menjadi sarana edukasi yang pas. Kenapa tidak dimanfaatkan,’’ ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Lismawati. 

Maka dari itu, lanjutnya, tidak ada salahnya untuk membekali siswa-siswi ilmu agama dengan praktek langsung di miniatur ka’bah. Hal ini, imbuhnya, juga sebagai kelanjutan program religi di Dinas Pendidikan luar kelas di kawasan tersebut. Sehingga dapat tercipta pendidikan karakter yang baik.

“Kegiatan manasik umrah untuk peserta didik dijadwalkan mulai Selasa sampai Kamis mendatang. Dibagi satu hari per kecamatan,” ucapnya.

Peserta yang mengikuti manasik dibagi kedalam tiga kelompok. Berangkat dari area parkir Jalan Jawa menyusuri trotoar menuju SDN 05 Madiun Lor kemudian menyeberang ke arah Sumber Wangi. 

Melalui kegiatan ini, Lismawati berharap siswa-siswi mendapat pengalaman yang baru dan gambaran bagaimana melakukan manasik umroh. 

“Semoga ini juga jadi motivasi mereka supaya bisa ke tanah suci,” pungkasnya.
(Rams/WW/kus/madiuntoday)