Dekat dengan PRC, Wali Kota Berencana Jadikan Permukiman Lodayan Jadi Kampung Wisata Kreatif




MADIUN – Kawasan permukiman di Jalan Merapi tepatnya Gang Lodayan juga akan menjadi tempat wisata ke depan. Wali Kota Maidi berencana menjadikan permukiman tersebut menjadi tempat wisata kampung wisata kreatif. 

‘’Gang Lodayan ini kan dekat dengan PRC, dekat dengan kawasan PSC. Kampung sini juga harus bagus untuk mendukung kawasan wisata yang sudah ada,’’ kata Wali Kota Maidi, Rabu (15/2).

Bahkan, wali kota sempat blusukan di kawasan permukiman tersebut usai melaksanakan Salat Isya berjamaah di Musala Baitul Adzim, selasa kemarin. Wali kota meninjau lokasi bersama warga. Kawasan tersebut, lanjut wali kota, bisa menjadi tempat wisata yang bagus. Misalnya, menjadi kampung warna-warni. Di dalamnya, dimunculkan hasil kreatifitas warga. Mulai produk kerajinan maupun makanan. 

‘’Kita cek dulu kira-kira harus dibuat seperti apa. Bagian mana yang harus dilakukan pembenahan,’’ ungkapnya. 

Wali kota menyebut kawasan tersebut nantinya bisa dimunculkan paket wisata dengan di PSC maupun PRC. Wisatawan diajak untuk masuk ke kawasan kampung wisata kreatif tersebut. Namun, wali kota menyebut kawasan Lodayan harus benar-benar maksimal dulu. Kawasan harus bersih dan menarik. Hal itu akan diwujudkan secara bertahap.

‘’Kalau sudah bagus, bersih, warna-warni, dan menarik, wisatawan di PSC bisa kita ajak ke kampung Lodayan. Nanti warga bisa jualan pernak-pernik dan lainnya,’’ jelas wali kota. 

Wali kota berharap masyarakat mendukung. Apalagi, itu demi kebaikan masyarakat ke depan. Saat sudah dikenal luas dan banyak yang datang, warga bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan. 

‘’Ini konsep yang bagus. Jalan-jalannya di PSC, ibadah di PRC, kalau mau jari oleh-oleh ke kampung wisata kreatif Lodayan,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)