Panen Madu di Kelurahan, Wali Kota: Budidaya Lebah Madu di Kelurahan Mulai Menghasilkan




MADIUN – Budidaya lebah madu yang digencarkan Wali Kota Madiun, Maidi mulai menghasilkan. Tidak hanya di Ngrowo Bening Edupark, madu hasil budidaya lebah juga mulai terlihat di kelurahan-kelurahan. Salah satunya, di Kelurahan Oro-Oro Ombo. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu mencicipi madu di sela kegiatan gowes, Rabu (15/2).

‘’Biasanya saya mencicipi yang di Ngrowo Bening. Di sana setiap hari sudah bisa panen. Ini saya mencicipi yang di kelurahan-kelurahan. Dan hasilnya juga lumayan,’’ kata Wali Kota Maidi. 

Budidaya lebah madu khususnya lebah klanceng memang sudah digalakkan wali kota sejak beberapa tahun lalu. Pemerintah memberikan bantuan bibit koloni lebah hingga ratusan. Bibit itu dibagikan kepada masyarakat. Tak hanya, pemerintah melalui kelurahan juga melakukan pelatihan-pelatihan. Wali kota berharap madu bisa menambah perekonomian masyarakat. 

‘’Madu ini budidayanya tidak begitu sulit tetapi menghasilkan. Madu banyak dicari dan harganya mahal,’’ imbuhnya. 

Apalagi, budidaya tersebut sejalan dengan program sebelumnya. Wali Kota Maidi menggalakkan kota sejuta bunga sebelumnya. Seperti diketahui lebah membutuhkan sari bunga untuk menghasilkan madu. Tak heran, banyak budidaya lebah madu yang berhasil. Sebab, vegetasi untuk lebah sudah disiapkan lebih dulu. 

‘’Masyarakat kalau hanya disuruh tanam bunga sulit. Seminggu paling sudah pada layu. Konsepnya kita balik, kita beri lebah. Karena ingin lebahnya hidup, masyarakat dengan sendirinya menanam bunga,’’ pungkas wali kota. (rams/agi/madiuntoday)