Peringati Isra’ Mi’raj, SDN 03 Nambangan Kidul Ajak Siswa Praktek Perjalanan Rasulullah Dari Mekkah Ke Sidratul Muntaha




MADIUN – Kegiatan belajar mengajar bisa lebih mudah dipahami siswa jika ditambahkan dengan praktek lapangan. Untuk itulah, SDN 03 Nambangan Kidul mengajak seluruh peserta didiknya agar mengikuti kegiatan outdoor learning di Ngrowo Bening Edupark, Jumat (17/2). Kegiatan ini juga sekaligus memperingati Isra’ Mi’raj yang tahun ini jatuh pada tanggal 18 Februari.

‘’Biasanya kami datangkan pemuka agama ke sekolah. Namun, tahun ini kami coba peringati dengan outdoor learning dengan harapan agar lebih mengena kepada siswa,’’ ujar Kepala SDN 03 Nambangan Kidul, Martini.

Isra’ Mi’raj merupakan dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Yakni, dari Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Kemudian, Rasulullah dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Dalam peristiwa tersebut turun wahyu dari Allah SWT agar umat Islam menjalankan ibadah salat 5 waktu dalam sehari. Sebelumnya, umat Islam menjalankan ibadah salat 50 waktu dalam sehari.

Karenanya, dalam peringatan ini SDN 03 Nambangan Kidul membagi 303 siswa dalam dua kegiatan. Siswa kelas 1-3 melaksanakan fun game yang berkaitan dengan hapalan bacaan salat. Sedangkan, siswa kelas 4-6 mempraktekkan perjalanan Rasulullah dalam Isra’ Mi’raj.

‘’Kami buat pos-pos Isra’ dan Mi’raj. Kemudian, di setiap pos tersebut siswa akan dikenalkan apa saja yang dialami Nabi Muhammad,’’ jelasnya.

Agar lebih optimal, siswa dibagi dalam beberapa tim. Kemudian, masing-masing tim dibimbing oleh satu atau dua orang guru yang menjelaskan setiap posnya.

Melalui kegiatan ini, Martini berharap para siswa bisa lebih memahami kisah dan intisari dari peristiwa Isra’ Mi’raj. Serta, menjadi penyemangat mereka untuk senantiasa meningkatkan taqwa terhadap Allah SWT.

‘’Harapannya, bisa meningkatkan iman Islam anak-anak. Terkhusus, pelaksanaan salat 5 waktu agar bisa dijalankan,’’ pungkasnya. (Rams/irs/madiuntoday)