Cangkruk di Warung Pak Sus Stasiun, Ganjar Pranowo: Kopi dan Jahenya Jos Tenan




MADIUN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melengkapi deretan pejabat publik yang mengunjungi Kota Madiun. Gubernur nyentrik itu hadir di Kota Pendekar dalam rangka menghadiri pertemuan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Jumat (17/2) malam. Setelahnya, Gubernur Ganjar Pranowo mencicipi wedang jahe dan juga jadah bakar di warung Pak Sus Stasiun. Wali Kota Madiun, Maidi turut menemani cangkrukan gayeng tersebut. 

‘’Kopi sama jahenya jos tenan. Warungnya boleh pinggir trotoar, tapi tongkrongannya jos,’’ kata Gubernur Ganjar.  

Kedua pemimpin tersebut tampak gayeng. Maklum, baik Wali Kota Maidi maupun Gubernur Ganjar Pranowo memang pemimpin lapangan. Keduanya suka berada di tengah masyarakat. Bukan tipe pemimpin di balik meja. Tak heran, keduanya tampak hangat bercengkrama dengan pengunjung maupun pemilik warung. Suasana kian cair dengan candaan-candaan khas Gubernur Ganjar. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang pernah mengutarakan ingin mengunjungi Kota Madiun. Hal itu disampaikan sang gubernur saat menjadi narasumber bersama Wali Kota Maidi saat kegiatan Wali Kota Menyapa edisi HUT Radio Suara Madiun secara virtual. Gubernur Ganjar diminta menjadi pembicara sebagai Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah (Persada) se Indonesia pada waktu itu. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar menyatakan keinginannya untuk berkunjung dan gowes di Kota Pendekar. Gubernur ingin bersepeda dari Solo pada waktu itu. Namun, rencana itu belum bisa terwujud karena padatnya agenda. Kedatangan Gubernur Ganjar ke Kota Madiun kembali mengemuka saat event Madiun-Lawu Challenge sekitar Juli 2022 lalu. Gubernur yang memang hobi bersepeda itu ingin turut meramaikan event rangkaian Hari Jadi Kota Madiun tersebut. Namun, lagi-lagi Gubernur Ganjar gagal turut ambil bagian. 

Wali Kota Madiun, Maidi menyebut kunjungan Gubernur Jawa Tengah tersebut merupakan kebanggaan tersendiri. Itu melengkapi kehadiran sejumlah pemimpin hebat di Kota Pendekar. Terakhir sebelumnya ada Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang mampir untuk makan siang di Kota Madiun. Kota Pendekar memang kerap menjadi jujukan pejabat. Mulai menjadi tempat pertemuan, sekedar mampir untuk makan, hingga sengaja mengelar studi banding untuk belajar. 

‘’Makin banyak pejabat yang datang merupakan kebanggaan sekaligus keuntungan bagi kota kita. Berarti kota kita menarik dan ke depan pastinya banyak yang juga ingin datang,’’ kata wali kota. (ws hendro/agi/madiuntoday)