Antisipasi Kecelakaan, Daop 7 Gandeng Komunitas Railfans Sosialisasi Keselamatan Di Perlintasan KA




MADIUN - Perlintasan KA yang sudah berpalang pintu bukan berarti aman dari kecelakaan. Jika tidak dibarengi dengan sikap disiplin dari pengguna jalan lainnya. 

Untuk itu, Daop 7 Madiun terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dengan menggelar sosialisasi. Dalam hal ini, mereka juga menggandeng komunitas pecinta KA, Railfans Madiun. 

Salah satunya seperti tampak di perlintasan KA JPL 138 Jalan Pahlawan-Yos Sudarso, Minggu (19/2). 

"Ini wujud kasih sayang kami kepada masyarakat," ujar Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto. 

Dalam kegiatan tersebut, Daop 7 dan Railfans membentangkan banner bertuliskan imbauan keselamatan pengendara saat berada di perlintasan KA. Yakni, untuk memastikan tidak ada KA yang melintas sebelum pengendara menyeberang. Terutama, di perlintasan yang tidak berpalang pintu. 

"Hendaknya berhenti sejenak, lalu tengok kanan-kiri sebelum menyeberang," imbuhnya. 

Tidak nya itu, petugas juga membagikan coklat kepada pengendara yang membonceng anak-anak. 

Lebih lanjut, Supriyanto menjelaskan bahwa untuk menghindari kecelakaan di perlintasan sebidang, pengguna jalan wajib mendahulukan KA yang akan melintas. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

"Meski ada penjaga perlintasan, warga tetap wajib menjaga keselamatan dirinya. Sehingga meningkatkan keselamatan diri dan perjalanan KA," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)