berita - Details

Beranda Berita Details

Gayeng, Siswa Ceritakan Kemajuan Kota Dengan Bahasa Jawa





Galeri Berita

Gayeng, Siswa Ceritakan Kemajuan Kota Dengan Bahasa Jawa




MADIUN - Dua orang siswa tampak asyik bercengkerama di atas panggung. Tak jarang mereka menunjukkan gestur antusias. Rupanya, mereka sedang membicarakan kemajuan Kota Madiun. Cerita pun semakin seru karena keduanya menggunakan Bahasa Jawa. 

Ya, itu adalah gambaran para peserta yang mengikuti lomba Pacelathon Basa Jawa yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun. Senin (20/2), sebanyak 138 siswa dari 69 SD mengikuti perlombaan tersebut. 

"Masing-masing sekolah mengirimkan dua siswa untuk mengikuti lomba bertutur," ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa dan Sastra Dindik Kota Madiun, Slamet Hariyadi, Senin (20/2). 

Lomba Pacelathon Basa Jawa, menurut Hariyadi, digelar untuk mengajak siswa nguri-uri budaya nusantara. Juga, meningkatkan prestasi siswa. 

Selain itu, juga sebagai evaluasi kegiatan setiap Kamis di sekolah. Yakni, pembiasaan penggunaan Bahasa Jawa selama satu hari oleh guru dan siswa. 

Dalam lomba tersebut, ada sejumlah kriteria penilaian dewan juri. Di antaranya, pengucapan Bahasa Jawa, ekspresi, dan penampilan. Selain itu, pengetahuan materi atau isi pembicaraan tentang kemajuan Kota Madiun. 

Selain tingkat SD, lomba serupa juga akan digelar untuk siswa tingkat SMP. "Melalui kegiatan ini harapannya bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya nusantara. Juga, pembiasaan budi pekerti yang luhur karena didukung fasilitas pembelajaran yang lengkap oleh wali kota," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)


Galeri Berita