Antisipasi Kecelakaan, DPUPR Tutup Jalan Berlubang




MADIUN - Tak perlu menunggu waktu lama bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun untuk memulai pekerjaan di awal tahun anggaran 2023. 

Salah satu pekerjaan yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah penambalan aspal jalan. Setidaknya, ada 120 lubang di sepanjang jalan protokol yang telah ditandai dan mulai ditambal saat ini. 

Hal ini seperti diungkapkan oleh Kabid Bina Marga DPUPR Kota Madiun Thariq Megah, Rabu (22/2). 120 titik lubang itu antara lain berada di Jalan Mastrip, Abdurrahman Saleh, dan Jalan Gajah Mada. 

Sebelum melakukan penambalan, petugas telah melaksanakan identifikasi. Kemudian, menandai lokasi dengan tinta putih. 

"Intinya untuk kenyamanan masyarakat. Jangan sampai ada pengendara yang jatuh karena jalan berlubang," ujarnya. 

Penambalan jalan, menurut Thariq, masuk dalam proyek pemeliharaan rutin jalan. Total anggaran yang disediakan mencapai Rp 70 juta dari APBD 2023.

"Targetnya sebelum Lebaran semua jalan berlubang sudah ditambal," imbuhnya. 

Saat ini, DPUPR memiliki 22 petugas yang masuk dalam tim pemeliharaan jalan. Mereka terbagi dalam beberapa tugas. Di antaranya, melakukan inspeksi dan survei jalan maupun pemeliharaan lain seperti pembersihan bahu jalan. 

Lebih lanjut, Thariq pun mengimbau kepada masyarakat agar tak segan melaporkan jika menemukan jalan berlubang di wilayah Kota Madiun.

"Saat ini fokusnya di jalan protokol dulu. Nanti akan masuk ke lingkungan warga juga. Kita upayakan semaksimal mungkin untuk pelayanan masyarakat," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)