Biarpun di Swiss, Wali Kota Maidi Sarapan Tetap Pakai Sambal Pecel




MADIUN – Setiap negara memiliki makanan yang berbeda-beda. Tak heran, banyak yang rindu masakan negara sendiri saat berada di luar negeri. Hal itu juga yang dirasakan Wali Kota Madiun, Maidi. Biarpun tengah mengikuti rangkaian kunjungan kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Swiss, orang nomor satu di Kota Pendekar itu tak lupa membawa sambal pecel. Hal itu sengaja dilakukan untuk mengobati kerinduan akan makanan khas Kota Madiun. 

‘’Sarapan di Swiss, di Jenewa tidak lepas dari pecel. Enak dulur,’’ kata wali kota. 

Wali kota memang sengaja membawa sambal pecel dari rumah. Kegiatan sarapan itu juga diunggah dalam instagaram wali kota. Mantan Sekda Kota Madiun itu pun terlihat lahap menyantap makanannya. Apapun menunya, wali kota tetap melahapnya bersamaan sambal pecel. Wali kota membawa sambal pecel jeruk purut. Hal serupa juga dilakukan pimpinan dewan. Dalam kunker APEKSI tersebut wali kota memang tidak sendiri. Ada juga Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputro, Wakil Ketua Istono dan Armaya.

‘’Saya bawa sambal pecel jeruk purut. Jadi kalau tidak cocok dengan masakan sini, tinggal pesen telur sama nasi, sama sambal pecel,’’ ungkapnya. 

Lidah seseorang memang tidak bisa dipaksanakan. Apalagi, jika sudah lintas negara. Culture makanan barat dan timur tentu jauh berbeda. Makanan memang sering kali menjadi kendala saat kunjungan ke luar negeri. Tidak sedikit dari mereka yang membawa bahan makanan dari Indonesia. Hal itu juga dilakukan Wali Kota Madiun, Maidi. (noor aflah/agi/madiuntoday)