Ikuti Kunker APEKSI di Swiss dan Perancis, Wali Kota Maidi Dijadwalkan Bertemu Dubes, Wali Kota Paris, Hingga Badan Khusus PBB




SWISS – Wali Kota Maidi bersama pimpinan DPRD Kota Madiun tengah berada di Swiss saat ini. Para pimpinan di Kota Pendekar itu memang tengah mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) hingga sepekan ke depan. Wali Kota Maidi tak sendiri. Ada juga Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputro, Wakil Ketua Istono dan Armaya dalam kegiatan APEKSI tersebut. Tak hanya Swiss, rombongan juga dijadwalkan mengunjungi negara Perancis. Nah, berikut sejumlah kegiatan yang akan dilakukan para pimpinan itu di dua negara tersebut?

1. Pertemuan dengan Watapri PTRI untuk PBB di Jenewa
Wali Kota Maidi dan rombongan dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan Wakil Tetap RI (Watapri) Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Perdagangan Dunia, dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Duta Besar Febrian A. Ruddyard. Pertemuan itu dijadwalkan pada Kamis (23/2). Pertemuan itu sekaligus sharing persiapan sebelum pertemuan dengan agen khusus PBB.

2. Pertemuan dengan WIPO dan ITU
World Intellectual Property Organization (WIPO) atau Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia merupakan salah satu badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). WIPO dibentuk 1967 dengan tujuan mendorong kreativitas dan memperkenalkan perlindungan kekayaan intelektual ke seluruh dunia. Kantornya ada di Jenewa. Hampir seluruh negara anggota PBB merupakan anggota WIPO. 

International Telecommunication Union (ITU) juga salah satu agensi khusus PBB yang bermarkas juga di Jenewa. ITU merupakan sebuah organisasi internasional yang didirikan untuk membakukan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi. Informasinya, ITU didirikan sebagai International Telegraph Union di Paris pada 1865. Organisasi yang sudah sangat tua. Dalam pertemuan itu wali kota berencana membahas berbagai hal. Salah satunya, interkoneksi antara negara-negara berbeda. Pertemuan dengan kedua organisasi PBB itu dijadwalkan pada Jumat (23/2).

3. Pertemuan dengan Dubes Perancis dan Wali Kota Paris 
Wali Kota Maidi dan rombongan dijadwalkan juga mengunjungi Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Perancis. Agendanya juga sharing dan diskusi bersama bapak Duta Besar (Dubes). Selain itu, rombongan juga dijadwalkan bertemu dengan Wali Kota Paris. Pertemuan ini dijadwalkan pada Senin (27/2). Pertemuan antar wali kota itu tentu menjadi salah satu agenda penting lain. Sebab, dari pertemuan itu diyakini ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan. 

4. Pameran Soekarno Foundation
Wali kota dan rombongan juga dijadwalkan menghadiri pameran Soekarno Foundation di Paris, Perancis. Pameran ini dijadwalkan pada Sabtu (24/2). 

5. City Tour
Rombongan kunjungan kerja APEKSI tersebut juga mengunjungi sejumlah tempat di Swiss maupun Perancis untuk belajar tata kota. Di antaranya, mengunjungi Jungfrau yang merupakan salah satu puncak dari pegunungan Alpen Bernese, Lake Jenewa, The Flower Clock, dan Red Cross Building di Swiss. Sementara saat di Perancis mengunjungi Galaeries Lafayette, Lovre Museum, Seine River Banks, dan La Valle Village. Dari city tour tersebut nantinya akan ada banyak hal yang bisa digali untuk Kota Madiun. 

Nah, itu tadi sejumlah agenda Wali Kota Madiun, Maidi dan pimpinan dewan selama di luar negeri. Dalam agendaAPEKSI tersebut bukan hanya Wali Kota Madiun. Tetapi juga diikuti wali kota dan pimpinan DPRD pemerinta kota di tanah air. Namun, ada beberapa daerah yang berhalangan hadir. Wali Kota Maidi tiba di Swiss pada Senin (21/2) kemarin dan dijadwalkan kembali ke tanah air, Selasa (28/2) nanti. (ws hendro/agi/madiuntoday)