Tak Pakai Tenda Lagi, Pemkot Bangun Lapak Permanen untuk Pedagang di PRC Tahun Ini




MADIUN – Pedagang di tenda UMKM Kawasan Pahlawan Religi Center (PRC) akan dikelola dengan baik ke depan. Pemerintah Kota Madiun sudah menyiapkan rencana pembangunan untuk pelapak di tahun ini. Artinya, mereka tidak lagi memakai tenda. Tetapi akan dibuatkan tempat lapak permanen. 

‘’Minggu depan sudah saya kirim ke ULP (unit layanan pengadaan) untuk dilelang. Ya paling sebulan setelah itu bisa dimulai (pengerjaan),’’ kata Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Sulistya Pambudi, Kamis (23/2).

Uut, sapaannya, menyebut desain lapak untuk kawasan PRC tersebut juga berciri timur tengah. Hal itu sengaja agar setema dengan kawasan Musala Ka’bah. Seperti penataan tenda saat ini, pembangunan lapak permanen tersebut nantinya juga ada di kanan dan kiri musala Ka’bah. Jumlahnya sementara ada 20 lapak. Tapi masih bisa berubah. Uut menyebut desain masih sedikit ada perubahan. 

‘’Kemarin masih ada sedikit perubahan desainnya. Ini masih kita hitung lagi jumlahnya. Tapi paling tidak ada sepuluh di kanan dan kiri. Dimungkinkan ada penambahan,’’ ujarnya sembari menyebut anggaran untuk pembangunan sebesar Rp 3 miliar. 

Seperti diberitakan, Wali Kota Madiun, Maidi memang berencana memberikan fasilitas kepada pedagang di kawasan PRC. Ide itu semakin mengemuka usai wali kota melaksanakan umrah beberapa waktu lalu. Wali kota memang mengunjungi sejumlah tempat di sela umrah. Di sana wali kota mendapati ada penataan lapak umkm di kawasan wisata. Karenanya, wali kota ingin menerapkannya di Kota Pendekar. 

‘’Selain di kawasan PRC, kita juga tengah mengerjakan rehab untuk kawasan Pahlawan Bisnis Center (PBC),’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)