Tim Kreatif DLH Hias Tembok Kusam Di PSC




MADIUN - Tak ada tempat untuk tembok kusam di Kota Madiun. Sebab, ada tim kreatif Dinas Lingkungan Hidup yang siap siaga menghias. 


Salah satunya seperti kawasan Pahlawan Street Center (PSC) sisi timur. Saat ini, tim kreatif DLH sedang berkreasi untuk mempercantiknya dengan mural. 


Beragam tema dan cat warna-warni digunakan oleh enam orang tim kreatif tersebut untuk menghapus kesan kumuh dan kusam. 


Gatot Gunawan, salah seorang seniman, menuturkan bahwa mural tidak hanya menambah estetika kota. Tetapi juga sebagai saya tarik pengunjung di PSC. 


"Tempat yang kurang bagus bisa menjadi indah. Bisa dimanfaatkan untuk selfie. Selain itu, untuk mencegah aksi vandalisme," ujarnya, Rabu (22/2). 


Sementara itu, Plt Kepala DLH Kota Madiun Aang Marhaendra Budiono mengungkapkan total panjang tembok sepanjang PSC yang dilukis mencapai 45 meter. 


"Selain untuk mempercantik wajah kota, mural juga jadi sarana edukasi," ungkapnya. 


Lebih lanjut, Aang mengungkapkan bahwa DLH mengucurkan anggaran hingga Rp 190 juta setahun untuk program mural tersebut. 


Adapun konsep yang digunakan untuk melukis PSC di antaranya religius, flora-fauna, dan budaya. 


Aang pun menambahkan, sejauh ini sudah ada sejumlah titik yang dilukis mural. Di antaranya seperti Jalan Citandui sisi barat dan timur. Kemudian, pintu masuk kota sisi utara, PSC, perempatan Klegen, seputar lapangan Gulun, Ring Road, PDAM serta di sepanjang Jalan Ahmad Yani. Untuk tahun ini, titik lokasinya akan terus ditambah sembari menyisir tembok kosong yang sekiranya dapat dilukis mural.


"Kita nambah terus titiknya, jadi kita cari dulu lokasinya dimana dan nunggu arahan dari beliaunya (walikota, red)," pungkasnya. (Ney/irs/madiuntoday)