Jaga Suplai Air ke Pelanggan Tetap Bersih, Petugas Rutin Lakukan Pembersihan Pipa Minimal Sebulan Sekali




MADIUN – Suplai air PDAM ke pelanggan harus tetap terjaga kebersihannya. Karenanya, petugas rutin melakukan pembersihan kotoran dalam pipa saluran minimal sebulan sekali. Pembersihan sengaja dilakukan malam hingga dini hari agar tidak mengganggu pelayanan air kepada pelanggan. 

‘’Minimal satu bulan sekali pasti kita bersihkan. Mulai dari kerak, pasir, dan lainnya yang berada dalam saluran,’’ kata Kepala Bagian Transmisi dan Retribusi PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun, Adi Pratikno, Jumat (24/2).

Petugas setidaknya membersihkan sampai 300 titik. Pembersihan biasanya sampai lima malam. Pekerjaan dimulai dari pukul 22.00 sampai 03.00. Rentang waktu itu dipilih pada saat penggunaan air oleh pelanggan cukup rendah. Biarpun pembersihan dilakukan malam hari, pihaknya tetap memberikan pemberitahuan kepada pelanggan. Harapannya, pelanggan tidak resah. 

‘’Disaat pembersihan air tetap mengali tetapi kecil. Pasti ada pemberitahuan dulu agar tidak dikira mati,’’ ungkapnya. 

Adi menyebut kotoran biasa terdiri dari kerak dan pasir yang mungkin terbawa dari pompa. Hal itu bisa mempengaruhi suplai air kepada pelanggan. Pihaknya menyebut pembersihan satu titik biasanya memakan waktu 15-30 menit tergantung kondisi pipa. 

‘’Prinsipnya pembersihan jangan sampai mengganggu pelayanan pelanggan. Selain itu juga untuk menjaga kualitas air tetap bersih,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)