berita - Details

Beranda Berita Details

Tingkatkan Budaya Literasi Siswa, Dindik Gelar Lomba Cerita Nusantara





Galeri Berita

Tingkatkan Budaya Literasi Siswa, Dindik Gelar Lomba Cerita Nusantara




MADIUN – Budaya literasi, khususnya membaca, dapat dibiasakan kepada anak sejak dini. Salah satu upayanya dengan menyediakan bacaan yang menarik dan lekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, cerita nusantara.

Untuk meningkatkan semangat anak dalam berliterasi, Dinas Pendidikan Kota Madiun pun menggelar Lomba Cerita Nusantara. Senin (27/2), 69 SD mengirimkan dua siswa perwakilannya untuk mengikuti kompetisi tersebut. selama 10 menit, mereka diminta menceritakan kisah rakyat yang telah mereka pilih.

‘’Kegiatan ini sekaligus memfasilitasi potensi anak. Sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka,’’ ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dindik Kota Madiun, Slamet Hariyadi.

Adapun dalam lomba tersebut, Dindik telah menyediakan lima opsi cerita. Di antaranya, cerita asal usul Telaga Sarangan dan Ngebel, asal-usul nama daerah, serta asal-usul kesenian Dongkrek. Setiap peserta bebas memilih cerita. Namun, mereka wajib memberikan penampilan yang terbaik.

Selain meningkatkan budaya literasi dan menggali potensi siswa, Hariyadi mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga sekaligus menanamkan nilai-nilai moral yang baik terhadap anak. Yakni, melalui intisari dari cerita yang disampaikan.

‘’Misalnya, asal usul Dongkrek yang mengajarkan gotong royong warga desa supaya tempat tinggalnya aman,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Hariyadi menambahkan bahwa lomba serupa juga akan digelar untuk siswa SMP. Khususnya, kelas 8 dan 9. Total ada 23 SMP yang akan mengikuti kegiatan tersebut. (Ney/irs/madiuntoday)


Galeri Berita