Perkim Tambah 2.500 Lampu PJU, Tak Hanya Terang Tapi Juga Kian Indah




MADIUN – Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Madiun sebanyak 6.500 lampu. Beberapa waktu sebelumnya, hanya sekitar 4.000 lampu. Subkoordinator Penerangan Jalan Umum Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Affandi menyebut setidaknya ada penambahan 2.500 lampu PJU di Kota Madiun belakangan ini.

‘’Jumlah lampu kita meningkat dari 4.000 ke 6.500 an lampu. Hampir semuanya sudah memakai LED,’’ katanya, Senin (6/3).

Affandi menyebut hanya sekitar 2 persen PJU di Kota Madiun yang masih menggunakan lampu konvensional. Pihaknya memang tidak hanya menambah lampu baru. Tetapi juga melakukan penggantian lampu konvensional ke LED secara bertahap. Lampu LED, terangnya, memang lebih hemat energi. Selain itu daya sinar lampu juga lebih kuat. Affandi menyebut lampu LED 120 watt bisa lebih terang dari lampu biasa biarpun kapasitasnya sedikit lebih besar. 

‘’Selain lebih terang juga lebih hemat listrik. Selain itu, pemakaian juga lebih efisien karena kita sudah memanfaatkan IoT (internet of things),’’ ungkapnya. 

Sebagian besar PJU di Kota Madiun memang bisa dikontrol melalui aplikasi di smartphone. Pun, sudah dilakukan penjadwalan rutin untuk nyala dan matinya setiap hari. Artinya, tidak ada lagi yang kelupaan mematikan sehingga tagihan listrik membengkak. Selain itu, kerusakan pada lampu juga lebih cepat diketahui. Petugas bisa langsung datang memeriksa tanpa menunggu laporan dari warga. 

‘’Prinsipnya kita mengedepankan yang lebih hemat dan lebih terang. Selain itu juga ada ornamen-ornamen pada tiangnya untuk menambah fungsi estetika,’’ terangnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)