Pertemuan Bilateral, Wakil Wali Kota Plzen-Wali Kota Maidi Sepakat Jalin Kerja Sama Pendidikan dan Pariwisata




PLZEN, CEKO – Pertemuan Wali Kota Madiun, Maidi dengan Wakil Wali Kota Plzen Mgr.etMgr. Lucie Kantorová langsung membuahkan hasil. Kedua pemimpin daerah ini sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang pendidikan. Kunjungan kerja Wali Kota Madiun, Maidi bersama Pimpinan DPRD Kota Madiun ke Ceko memang dalam rangka menjalin kerja sama di berbagai bidang. Kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu juga diunggah dalam instagram pribadi @pakmaidi.

‘’Alhamdulillah, saya bersama pimpinan dewan sudah mendarat di Ceko. Hari ini kita langsung bertemu dengan ibu Dubes dan juga wakil wali kota Plzen,’’ kata wali kota, Senin (6/3) pagi waktu setempat. 

Pertemuan bilateral itu pun menghasilkan sejumlah kerja sama. Salah satunya, terkait dengan pendidikan. Keduanya sepakat untuk mengenalkan kekayaan budaya masing-masing kepada anak sekolah. Rencananya perwakilan SD dan SMP dari kedua kota tersebut akan saling unjuk budaya dengan diawali secara virtual terlebih dahulu. Wali kota pun menyambut baik kerja sama itu. Tak heran langsung menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menindaklanjuti.

‘’Tentu saja ini sesuatu yang baik ya. Anak-anak kita mungkin yang sudah cukup lancar berbahasa inggris akan kita pertemukan dengan anak-anak di sini. Ini kerja sama yang terdekat ya. Saya minta untuk segera ditindaklanjuti,’’ ujarnya.

Wali kota menyebut tentu ada banyak hal yang bisa dipelajari anak-anak nantinya. Khususnya dalam hal kebudayaan. Budaya Kota Plzen tentu berbeda dengan Kota Madiun. Selain itu, wali kota menyebut masih ada banyak program kerja sama lainnya. Salah satunya di bidang wisata. Wali kota berharap pertemuan dengan Wakil Wali Kota Plzen tersebut bisa semakin menambah maju Kota Madiun dalam berbagai sektor.

‘’Selain pendidikan, kita juga berbicara terkait pariwisata. Ini penting untuk semakin memajukan kota kita ya,’’ pungkasnya. (andi raya/agi/madiuntoday)