Kunjungi University of West Bohemia, Wali Kota Maidi Jajaki Kerja Sama Bidang Pendidikan




PLZEN, CEKO – Pertemuan demi pertemuan dijalani Wali Kota Madiun, Maidi dalam lawatan hubungan bilateral dengan Pemerintah Republik Ceko. Setelah bertemu dengan Wakil Wali Kota Plzen Mgr.etMgr. Lucie Kantorova, orang nomor satu di Kota Pendekar itu melakukan pertemuan dengan pihak University of West Bohemia. Kegiatan tersebut juga diunggah sang wali kota di Instagram pribadinya, @pakmaidi. Seperti pertemuan dengan Pemerintah Kota Plzen, wali kota juga menjalin sejumlah kerja sama dengan pihak kampus. Wali kota mengupayakan beasiswa untuk anak-anak Kota Madiun. 

‘’Setelah bertemu Pemerintah Kota Plzen, kami langsung tancap gas menuju University of West Bohemia (saya singkat UWB). Goal saya di sini adalah beasiswa untuk anak-anak Kota Madiun agar bisa berkuliah di universitas ini,’’ tulis wali kota. 

Pertemuan dengan pihak universitas tersebut berlangsung, Senin (6/3) siang waktu setempat. Wali Kota Maidi tidak sendiri. Wali kota didampingi Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra, Wakil DPRD Istono dan Armaya. Rombongan diterima Wakil rektor bidang perencanaan Pendidikan dan kemahasiswaan, Assoc. Prof. Dr. Jiri Kohout beserta jajaran. Kedua belah pihak sepakat untuk saling menjajaki potensi pendidikan di masing-masing tempat. Setidaknya terdapat dua hal yang mengemuka. Yakni, terkait potensi program beasiswa untuk berkuliah di sana serta penjajakan kerja sama antara fakultas teknik University of West Bohemia dengan fakultas teknik perguruan tinggi di Kota Madiun. Wali kota memfokuskan kepada dua perguruan tinggi. Yakni, Politeknik Perkerataapian Indonesia (PPI) dan Politeknik Negeri Madiun (PNM). 

‘’Memang dua perguruan tersebut tidak berada di bawah Pemerintah Kota (Madiun), tapi jika kelak terjadi kerja sama antar perguruan tinggi berskala internasional ini, tentu Kota Madiun juga mendapatkan impact-nya,’’ lanjut wali kota. 

Wali kota memang mengusung banyak misi kerja sama selama kunjungan. Sebelumnya, wali kota juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Madiun. Kerja sama juga terkait pendidikan. Keduanya sepakat untuk bertukar budaya melalui pelajar. Khususnya anak-anak SD-SMP di Kota Madiun dan Plzen. Kegiatan akan diawali secara daring. Selain itu, wali kota juga menjalin kerja sama di bidang pariwisata. Seperti diketahui, pariwisata salah satu sarana mendongkrak perekonomian. 

‘’Akan ada pengenalan antara budaya Kota Madiun dengan budaya Kota Plzen untuk siswa SD dan SMP. Saya sudah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk menyeleksi anak-anak yang pandai berbahasa Inggris,’’ ungkap wali kota. (andi raya/agi/madiuntoday)