Stabilkan Harga Pangan, Dispertakp Jatim Gelar Oprasi Pangan Murah Berkualitas




MADIUN - Antrean warga tampak mengular di halaman kantor Kecamatan Taman, Rabu (8/3). Itu karena mereka sedang menunggu giliran untuk membeli sembako dalam kegiatan Gelar Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Timur untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasaran. 

Adapun bahan pangan yang dijual antara lain beras, tepung terigu, gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai, telur, dan daging ayam. 

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Pujiati Ningsih menuturkan bahwa upaya stabilisasi ini dilakukan menjelang bulan Ramadhan. 

"Ada 18 titik di Jatim yang kami datangi. Seperti di Kota Madiun inikegiatan kami laksanakan satu hari," ujarnya saat ditemui dalam kegiatan tersebut. 

Tidak ada persyaratan khusus bagi warga yang ingin membeli sembako di operasi pangan murah itu. Karenanya, Pemprov Jatim menyediakan stok cukup besar. Di antaranya, 5 ton beras, 200 kilogram bawang putih, 300 kilogram bawang merah, dan 50 kilogram cabai. 

Sementara itu, kegiatan operasi pangan murah menyita perhatian masyarakat. Salah satunya seperti diungkapkan oleh Anik Susilowati. Warga Nambangan Kidul itu telah mengantre sekitar 1 jam untuk mendapatkan sembako murah. 

"Mau beli minyak, beras, dan gula. Mumpung harganya lebih murah dari pasar," tuturnya.

Anik pun berharap, kegiatan serupa bisa sering terlaksana. Sehingga, memudahkan masyarakat untuk meraih sembako murah. 

"Karena mau puasa. Makanya kami semangat antre karena lebih murah," tandasnya. (Dspp/irs/madiuntoday)