Sabet Juara Lagi, Kota Madiun Raih Juara Dua Lomba Kerapian dan Ketertiban Pasukan Jawa Timur Kali Ini




MADIUN – Kontingen Kota Madiun kembali mencuri perhatian dalam gelaran Lomba Kerapian dan Ketertiban Pasukan Provinsi Jatim. Tim yang terdiri dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran, dan Satlimnas itu berhasil meraih juara kedua dalam gelaran lomba peringatan HUT ke-73 Satpol PP, HUT ke-61 Satlinmas, dan HUT ke-14 Damkar tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut. Kegiatan upacara peringatan dan lomba berlangsung di Alun-alun Tuban, Rabu (8/3).

‘’Alhamdulillah, kita dapat juara dua tahun ini. Tahun kemarin kita juga dapat,’’ kata Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Madiun, Sunardi Nurcahyono, Kamis (9/3).

Namun, diakui Sunardi capaian sedikit menurun. Tahun kemarin tim dari Kota Madiun berhasil meraih juara 1. Sunardi menyebut terdapat sedikit perbedaan materi lomba dibanding tahun ini. Selain kerapian dan ketertiban selama mengikuti upacara, ada juga materi terkait defile atau baris berbaris. Sementara tahun lalu, hanya kerapian dan ketertiban pasukan. 

‘’Materi lombanya bertambah, waktunya juga jadi panjang. Tim kita kemarin dapat urutan ke 29 saat defile,’’ ujarnya sembari menyebut kegiatan diikuti 38 kota/kabupaten di Jawa Timur. 

Sunardi menyebut ada 32 pasukan gabungan yang diterjunkan. Yakni, dari Satpol PP, Damkar, dan Linmas. Masing-masing sepuluh personil. Dua lainnya, merupakan komandan pasukan dan juga petugas pembawa bendera daerah. Sunardi menambahkan salah seorang Satlinmas Kota Madiun juga mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. Anggota Satlinmas bernama Mursid Waarsito tersebut mendapat penghargaan atas pengabdian 34 tahun. 

‘’Harapannya, tentu saja ini menjadi pelecut semangat untuk terus semakin baik ke depan. Bukan hanya dalam perlombaan tetapi lebih khususnya peningkatan dalam pelayanan kepada masyarakat,’’ ungkapnya. 

Pelayanan kepada masyarakat memang menjadi perhatian utama. Khususnya, dalam penyelenggaraan layanan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas). Pun, dengan semangat mewujudkan ramah instansi di tanah air. Karenanya, Sunardi mengajak seluruh jajarannya untuk selalu mengedepankan langkah persuasif yang humanis setiap melaksanakan tugas. 

‘’Jadi bukan sekedar menciptakan Trantibumlinmas, tetapi juga memberikan pelayanan yang semakin baik,’’ pungkasnya. (satpolpp/agi/madiuntoday)