Silaturahmi dengan Warga Indonesia di Praha, Wali Kota Juga Bernostalgia dengan Warga Madiun di Sana




PRAHA, CEKO – Wali Kota Madiun, Maidi tidak hanya menjalin hubungan bilateral dengan pemerintah daerah di negara Ceko. Tetapi juga menyempatkan untuk bertemu Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di sana, Selasa (7/3) malam waktu setempat. Pertemuan itu juga dihadiri Duta Besar (Dubes) RI di Praha, Kenssy D. Ekaningsih. Pertemuan kian gayeng dengan bernostalgia tentang tanah air bersama WNI di sana. 

‘’Senang sekali bisa bertemu dengan sesama WNI di sini. Dan tadi pertemuan difasilitasi bu Dubes. Kita banyak berdialog tentang tanah air dan tentu saja saya ceritakan tentang Kota Madiun,’’ kata Wali Kota Maidi.

Apalagi, ada salah seorang yang dari Madiun. Panggilannya pak Yono. Pak Yono sejak 1963 berada di Ceko untuk tugas belajar. Saat ini, dia sudah berusia 82 tahun. Biarpun begitu, masih sehat. Pertemuan dengan Wali Kota Madiun seperti menjadi obat penawar rindu bagi pak Yono. 

‘’Senang sekali bisa bertemu juga dengan pak Yono, asli Madiun. Sudah lama di sini. Kita banyak berbicara terkait Kota Madiun, orangnya senang sekali,’’ ungkapnya.

Pertemuan bukan hanya dengan pak Yono. Namun, juga dengan sejumlah WNI yang ada di sana. Wali Kota Maidi juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meminta saran dan masukan. Khususnya untuk kemajuan Kota Madiun. Wali kota menambahkan kunjungan memang harus bermanfaat. Selain sudah banyak menjalin kerja sama dengan sejumlah kementerian dan wali kota di Ceko, wali kota juga perlu menggali ide dari masyarakat WNI yang kebetulan di sana. 

‘’Mereka ini kan sudah lama di sini. Tentu sudah banyak melihat budaya, pembangunan, maupun kebijakan. Kita coba menggali ide dari mereka, kira-kira apa yang menarik dan bisa kita bawa pulang,’’ terangnya. 

Dalam kesempatan itu Duta Besar (Dubes) RI di Praha, Kenssy D. Ekaningsih juga memberikan apresiasinya kepada Wali Kota Madiun, Maidi yang telah gigih memperjuangkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Madiun. Baik pembangunan fisik maupun non fisik. Wali kota dinilai juga peduli akan dunia pendidikan. Salah satunya, melalui program beasiswa. Kunjungan Wali Kota Maidi, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra, Wakil DPRD Istono dan Armaya di Ceko tersebut salah satunya memang dalam rangka kerja sama urusan pendidikan. Tak terkecuali beasiswa untuk pelajar Kota Madiun di Ceko. (andi raya/agi/madiuntoday)