Wadahi Pecinta Robot Berkompetisi, UNIPMA Gelar Robofest Nasional 2023




MADIUN - Robot rakitan dengan lincah berjalan di atas arena yang telah diberi garis khusus. Satu per satu robot rakitan itu berjalan sesuai instruksi dari si pembuat robot. Bahkan, ada robot yang berebut bola bak pemain bola.

Pemandang tersebut seperti yang terlihat di GOR Universitas PGRI Madiun (UNIPMA), Rabu (15/3). Siswa SD dan SMP yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu tengah mengikuti Kompetisi Teknologi Robofest Nasional 2023 yang digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Teknik Elektro, UNIPMA. 

“Ini kegiatan tahunan. Sempat vakum karena pandemi tahun ini kita adalan lagi. Total ada 160 peserta yang terbagi dalam 7 kategori,” terang Kaprodi Teknik Elektro FKIP UNIPMA, 
Nurulita Imansari. 

Kompetisi robotik yang mengusung tema ciptakan robot terbaik anda serta tunjukkan kemampuan PLC anda di masa depan itu, bertujuan untuk mewadahi dan mempersiapkan generasi kedepan agar cakap di dunia robotik. 

“Harapannya mereka bisa ikut banyak kompetisi robotik baik tingkat lokal maupun internasional. Juga menumbuhkan kreatifas bagi para pecinta robot,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)