Lolos Seleksi, Ratusan Warga Kota Madiun Terima Bantuan Dari Kemensos




MADIUN – Ratusan warga Kota Madiun menerima bantuan dari Kementerian Sosial. Mereka adalah warga dengan kebutuhan khusus seperti difabel, lansia, dan rentan miskin yang telah memenuhi kriteria penilaian dari pemerintah pusat.

Prosesi penyerahan bantuan pun terlaksana di UPTD Loka Bina Karya Kota Madiun, Senin (27/3). Adapun bantuan dari Kementerian Sosial itu disalurkan melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

‘’Total bantuan yang disalurkan hari ini mencapai Rp 222 juta. Ini merupakan tahap pertama di 2023. Nanti selanjutnya akan tahap berikutnya dan proses seleksi dibantu dari Dinas Sosial Kota Madiun,’’ ujar Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana.

Adapun bantuan yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan hidup layak, alat aksesibilitas khusus, dan bantuan kewirausahaan. Seperti, kursi roda, alat pembuatan telur asin, alat pijat, dan alat pembuatan wayang.

Melalui bantuan ini, Iyan berharap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya, mereka yang berkebutuhan khusus. Serta, dapat meningkatkan usaha para penerima manfaat agar lebih berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Madiun Heri Suwartono mengungkapkan bahwa pengajuan usulan penerima manfaat telah dilakukan sejak akhir 2022 lalu.

‘’Ada kriteria yang ditetapkan kementerian. Setelah melalui seleksi dan verifikasi lapangan, baru diusulkan ke pusat. Kemudian, pusat menyetujui dan hari ini disalurkan bantuan,’’ jelasnya.

Menurut Heri, bantuan bagi warga kurang mampu dan berkebutuhan khusus tidak hanya dari pemerintah pusat saja. Tapi juga ada yang berasal dari APBD Pemkot Madiun. ‘’Sistemnya saling melengkapi. Warga yang belum mendapat bantuan dari pusat, akan mendapatkan bantuan dari pemkot,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)