Delapan Bus Rute Madiun Disiapkan Dalam Jatim Mudik Bareng Gratis




MADIUN - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan 161 unit bus untuk program mudik gratis pada Hari Raya Idulfitri tahun 2023. Pendaftaran program mudik gratis ini sudah dibuka sejak Senin (27/3) lalu. 


Dari 161 unit bus yang disiapkan, delapan di antaranya merupakan bus dengan rute Surabaya-Madiun. Kasi Dalops UPT LLAJ Madiun Bagus Sutejo, mengatakan, bus tersebut akan diberangkatkan dari Surabaya menuju ke 17 kabupaten kota tujuan di Jatim.


“Untuk rute Surabaya-Madiun pemberhentian harusnya di Terminal Purboyo tetapi karena terminal masih dalam revitalisasi, untuk rute tersebut rute akhirnya kita berhentikan di Kantor UPT LLAJ Madiun, Jalan Jendral Urip Sumoharjo,” terangnya, Jumat (31/3). 


Untuk tata cara mendaftar program ini, lanjur dia, masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran. Yaitu dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online dan telah vaksin booster.


“Pemberangkatan mudik gratis untuk area Jatim akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Jatim Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya,” ungkapnya. 


Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas ini, bisa mendaftarkan diri secara online melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Pendaftaran bisa dilakukan mulai 27 Maret sampai 10 April 2023. Ada 161 armada bus untuk mudik gratis, 400 sepeda motor siang diangkut dan kapal laut bagi masyarakat di wilayah kepulauan. 


“Harapannya dengan adanya mudik gratis ini, pemudik dengan menggunakan sepeda motor bisa berkurang dan harapannya juga tingkat kecelakaan selama mudik bisa berkurang,” pungkasnya. 

(Vincent/kus/madiuntoday)