Antisipasi Kemacetan Saat Lebaran, Dishub Petakan Titik Kemacetan Kota Pendekar



MADIUN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun mulai melakukan persiapan untuk menghadapi arus mudik-balik dalam Hari Raya Idul Fitri tahun ini.


Kemacetan menjadi atensi tersendiri mengingat tahun ini pertama kalinya Lebaran dirayakan tanpa Pemberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pasca pandemi Covid-19. 


‘’Koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti TNI dan Polri di wilayah Kota Madiun akan dilakukan untuk mempersiapkan sebaik-baiknya. Termasuk, upaya mengurai kemacetan,’’ ujar Kepala Dishub Kota Madiun Subakri, Selasa (4/4).


Menurut Subakri, ada sejumlah titik kemacetan yang menjadi perhatian. Di antaranya, perlintasan KA Sukosari, pintu masuk Kota Madiun dari arah Magetan, dan pintu masuk Kota Madiun dari arah Exit Tol Caruban.


Untuk itu, sejumlah aturan akan dilakukan. Misalnya, pembatasan kendaraan yang masuk ke wilayah kota. Khususnya, kendaraan bertonase besar, kendaraan proyek, dan kendaraan modifikasi. 


Selain antisipasi kemacetan, Dishub juga berupaya memperbaiki sejumlah rambu-rambu jalan yang sudah usang atau rusak. Kemudian, menambah sarana prasarana yang diperlukan untuk menunjang ketertiban lalu lintas. Seperti, paku jalan.


‘’Selain fungsi keamanan dan keselamatan berkendara di malam hari, juga menambah estetika kota,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)