Indek Kepuasaan Masyarakat Terus Meningkat, 2022 Capai Nilai 86,964 Kategori Sangat Baik




MADIUN – Pelayanan di Kota Madiun tampaknya sudah sesuai harapan masyarakat. Hal itu dibuktikan dari indek kepuasan masyarakat untuk 2022 dengan hasil sangat baik. Kepuasan masyarakat akan pelayanan pemerintah mencapai nilai 86,964.

‘’Untuk hasil indek kepuasan masyarakat terkait pelayanan Pemerintah Kota Madiun cukup tinggi ya. Mencapai 86,964. Ini masuk kategori sangat baik,’’ kata Subkoordinator Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Setda Kota Madiun, Nur Farida, Selasa (4/4).

Menariknya, hasil indek kepuasan masyarakat itu terus mengalami peningkatan. Dia tunjuk bukti indek kepuasan masyarakat pada 2021 dengan capaian 86,456. Sedang, pada 2020 mencapai 85,501. 

Ida menyebut indek tersebut didapat dari survei kepuasan masyarakat yang dilakukan pihak ketiga. Untuk survei 2022 tersebut pekerjaan dimenangkan PT Kokek. Setidaknya, ada 70 instansi yang menjadi objek survei. Ini terdiri dari peringkat daerah, kelurahan, dan juga perusahaan umum daerah. Survei tidak hanya dilakukan kepada petugas di instansi terkait. Tetapi juga kepada masyarakat yang setidaknya pernah mendapatkan pelayanan di instansi tersebut. 

Pertanyaan yang diajukan beragam. Di antaranya, persyaratan, sistem, mekanisme, prosedur, waktu penyelesaian, biaya/tariff, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, saran dan masukan, serta sarana dan prasarana. Dari sejumlah pertanyaan ini masyarakat Kota Madiun setidaknya sudah menunjukkan hasil puas dengan pelayanan yang diberikan Pemerintah Kota Madiun.

‘’Jadi semua prosesnya dilaksanakan pihak ketiga. Kita paling hanya mendampingi atau mengantar ke instansi yang dituju,’’ jelasnya.

Farida menambahkan untuk survei kepuasan masyarakat 2023 dijadwal Mei nanti. Sedang, hasilnya biasanya di akhir tahun. Farida berharap kepuasan masyarakat terus meningkat. Hal itu membuktikan pelayanan di Kota Madiun juga terus meningkat. 

‘’Untuk hasilnya juga kita laporkan ke Kemenpan RB. Jadi ini bukan sekedar survei lantas selesai,’’ pungkasnya. (vincent/agi/madiuntoday)