Pastikan Kondisi Barang Layak Edar, Disdag Gelar Pemantauan Di Sejumlah Toko Modern




MADIUN – Pemantauan barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri oleh Dinas Perdagangan Kota Madiun terus berlanjut. Kamis (13/4), tim gabungan dari Pemkot Madiun dan Polres Madiun Kota itu menyambangi sejumlah toko modern di wilayah Kota Madiun.

Analis Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun, Tri Prasetyaningrum menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan mereka kemarin. Yakni, pemantauan barang kebutuhan pokok di pasar tradisional. ‘’Hari ini kami datangi minimarket dan supermarket untuk pemantauan,’’ ujarnya.

Dari pantauan ini, petugas mendapati bahwa stok bahan kebutuhan pokok cukup aman di pasaran. Bahkan, tak sedikit yang mengalami penurunan harga. Seperti, cabai, bawang merah, gula pasir, dan telur ayam.

Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk memantau produk yang mengalami cacat produksi namun tetap di-display dalam toko. Misalnya, produk yang kalengnya penyok, kemasan rusak, atau beras berkutu. Petugas segera memberitahukan kepada penjual dan penjual harus segera melakukan penarikan barang dari rak display.

Kepada masyarakat, Tri mengimbau untuk tidak melakukan panic buying. Justru hal itu dapat memengaruhi permintaan di pasaran dan harga berpotensi naik. ‘’Belilah secukupnya,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)