Festival Ramadan Sampai Akhir Bulan, Sekaligus Jadi Ajang Pembinaan UMKM




MADIUN – Festival Ramadan bersama Bluder Cokro resmi dimulai. Festival dibukan Wali Kota Maidi, Jumat (15/4). Festival yang berlangsung di kawasan wisata Sumber Umis tersebut bakal digelar sampai 29 April nanti. Tidak hanya produk Bluder Cokro, ada belasan pelaku UMKM yang turut dalam kegiatan. Festival sekaligus upaya pembinaan pelaku UMKM di Kota Pendekar. 

Owner Bluder Cokro Kota Madiun, Hary Sasono menyebut setidaknya ada 13 tenda lapak. Ada beragam produk yang dijajakan. Bluder Cokro, lanjutnya, memang memiliki UMKM binaan. Produk-produk seperti sambel pecel, lempeng, dan lainnya turut dijajakan di outlet Bluder Cokro. Karenanya, pelaku UMKM juga dilibatkan saat festival Ramadan kali ini.

‘’Ini sekaligus pembinaan UMKM. Kami memang memiliki sejumlah UMKM binaan. Salah satu bentuk kerja samanya dengan turut menjual produk mereka di outlet kami,’’ jelasnya. 

Hary menyebut kegiatan ini akan berlangsung sampai akhir bulan nanti. Festival berlangsung setiap hari dan dimulai pukul 15.00 sampai 21.00. Masyarakat bisa datang secara gratis. Pihaknya juga menyiapkan nasi pecel gratis namun terbatas. Hary menyebut kegiatan sengaja dipusatkan di wisata Sumber Umis. Sebab, kawasan tersebut sudah cukup dikenal dan banyak dikunjungi. Harapanya, gelaran semakin optimal. 

‘’Kawasan ini sudah bagus dan banyak dikunjungi. Ini akan menjadi magnet tersendiri bagi kami dan tentu saja sangat strategis,’’ imbuhnya.

Hary juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Madiun, khususnya kepada Wali Kota Maidi. Sebab, ada banyak dukungan yang diberikan. UMKM yang turut dalam festival juga bukan hanya binaan Bluder Cokro. Namun, juga ada dari perwakilan kecamatan yang merupakan binaan dari dinas terkait. 

‘’Jadi festival ini ada banyak manfaatnya. Mulai dari pembinaan UMKM hingga peningkatan perekonomian,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)