Jamin Keselamatan Penumpang, Dinkes PPKB Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Sopir Bus




MADIUN – Seiring perayaan Hari Raya Idul Fitri yang semakin dekat, pengguna kendaraan umum pun ikut meningkat. Rata-rata, mereka adalah pemudik dari luar daerah yang datang ke Kota Madiun untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Untuk itu, keselamatan para penumpang menjadi fokus utama. Maka dari itu, Pemkot Madiun melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana menggelar pemeriksaan kesehatan bagi sopir bus. 

Proses pemeriksaan berlangsung di Terminal Tipe A Purbaya Kota Madiun, Senin (17/4). ‘’Hari ini kita laksanakan pemeriksaan rutin terhadap sopir bus. Mulai dari tensi, kolesterol, gula darah, asam urat, plus napza. Tujuannya sebagai deteksi dini dan menjamin keselamatan penumpang,’’ ujar Subkoordinator Usia Produktif, Usia Lanjut, Jiwa, dan Napza Dinkes PPKB Kota Madiun, drg. Tri Hari Wahyuningtyas.

Adapun proses pemeriksaan dilaksanakan selama dua hari. Untuk hari ini, petugas melaksanakan pemeriksaan pada pukul 12.00 – 15.00. Sedangkan, Selasa (18/4) petugas melaksanakan pemeriksaan mulai pukul 09.00 hingga 12.00.

‘’Harapannya dengan dua periode jam yang berbeda ini kita bisa mendapatkan sopir yang berbeda,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan pengelola terminal jika ditemukan ada sopir yang melanggar aturan. Sebab, hanya pengelola terminal yang dapat memberikan sanksi.

‘’Melalui kegiatan ini harapannya sopir bus bisa menjaga kesehatannya dan tidak menggunakan napza karena mereka bertanggung jawab membawa penumpang banyak,’’ tandasnya. (ney/irs/madiuntoday)