Depan Stasiun Wajib Steril Parkir, Pengendara Bisa Parkir di Lahan Selatan Jalan




MADIUN – Jalan Kompol Sunaryo kini wajib bebas dari parkir. Petugas memasang rambu larangan parkir di sepanjang jalan tersebut, Selasa (18/4) sore. Hal itu agar lalu lintas lebih lancar khususnya dalam mudik lebaran. 

‘’Jadi kesepakatan dari rapat tim LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Kota Madiun, kita berlakukan larangan parkir di Jalan Kompol Sunaryo,’’ kata Bayu Dwi Prasetyo, petugas Dishub Kota Madiun. 

Bayu menambahkan Jalan Kompol Sunaryo memang harusnya steril dari parkir. Apalagi, dalam masa mudik lebaran ini. Jalan tersebut sebelumnya memang masuk lahan parkir tepi jalan. Biasanya digunakan pengendara yang melakukan antar jemput penumpang kereta api jika parkir stasiun penuh. Nah, PT KAI lantas mengusulkan untuk mensterilkan jalan tersebut. Sebagai gantinya, pengendara bisa memarkir kendaraan di timur kantor Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun atau di areal sisi selatan jalan. 

‘’Di sisi selatan jalan Kompol Sunaryo, tepatnya di sisi timur kantor Daop itu kan ada areal cukup luas. Pengendara bisa parkir di situ,’’ ungkapnya. 

Arus lalu lintas di Kota Madiun memang mulai cukup padat belakangan ini. Namun, lalu lintas masih lancar sejauh ini. Tidak ada kemacetan. Namun, memang terjadi perlambatan. Nah, pemerintah terus mengupayakan meminimalkan keterhambatan arus tersebut. Salah satunya, dengan mengurangi areal parkir tepi jalan di sejumlah titik, seperti di Jalan Kompol Sunaryo. Masyarakat tidak perlu resah, lantaran sudah disiapkan lahan parkir penggantinya. 

‘’Intinya, agar arus lalu lintas bisa lancar tanpa ada keterhambatan. Kita bersama Satlantas Polres Madiun Kota juga sudah memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Seperti pemberlakukan dua arus untuk kendaraan roda empat pribadi di Jalan Hayam Wuruk dari arah Jalan Urip Sumoharjo,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)