Permudah Pemudik, Dishub Pasang Puluhan Rambu Petunjuk Arah di Belasan Titik




MADIUN – Pemudik yang melintas di Kota Madiun bakal semakin dipermudah. Pasalnya, Dinas Perhubungan Kota Madiun memasang belasan rambu petunjuk arah di jalur-jalur penting. Setidaknya ada puluhan rambu di 15 titik lebih di Kota Pendekar. 

‘’Pemudik ini bukan hanya dari Kota Madiun. Tetapi ada juga yang sekedar melintas dan ingin singgah sebentar. Prinsipnya kami ingin mempermudah pemudik,’’ kata Bayu Dwi Prasetyo, petugas Dishub Kota Madiun, Rabu (19/4). 

Rambu dipasang di titik strategis. Di antaranya, Jalan Hayam Wuruk, simpang tiga Patung Kran, Simpang Jalan Tawang Bakti-Tawang Sakti, Simpang Tawang Sakti-Tawang Sari, Simpang Pasar Sleko, Titik-titik perbatasan kota, Ring Road Barat, dan lain sebagainya. Pihaknya juga memasang rambu petunjuk arah untuk jalur alternatif. 

Tak hanya di jalur mudik, Bayu menyebut rambu petunjuk arah juga dipasang untuk menuju kawasan wisata. Pahlawan Street Center (PSC) salah satunya. Itu dilakukan sebagai sarana petunjuk bagi yang ingin singgah atau melintas di kawasan wisata Kota Pendekar. 

‘’Tidak menutup kemungkinan ada pemudik yang ingin melintas di tengah kota atau berhenti sebentar di tempat wisata. Karena itu, juga kita tambah rambu petunjuk menuju kawasan wisata,’’ imbuhnya. 

Rambu petunjuk arah ini bukanlah permanen. Rambu dibuat portabel agar mudah dibongkar-pasang. Bayu menyebut besa kemungkinan rambu akan dilepas usai arus balik lebaran nanti. 

‘’Ini sifatnya tidak permanen. Setelah musim mudik-balik selesai mungkin akan kita simpan dulu. Pemasangan rambu hanya bersifat situasional,’’ jelasnya.

Kota Madiun selain memiliki 98 persen akses jalan dalam kondisi baik juga dipermudah dengan banyak rambu petunjuk. Sedang, saat malam juga memiliki penerangan yang baik. Setidaknya, ada 6.500 titik PJU di Kota Pendekar. (rams/agi/madiuntoday)