Festival Pecel Pincuk Resmi Dimulai, Pemkot Siapkan 600 Porsi Gratis Hari Ini




MADIUN – Festival Pecel Pincuk 2023 resmi dimulai. Kegiatan dibuka Wali Kota Madiun, Maidi, Minggu (23/4). Bertempat di Pahlawan Bisnis Center (PBC), kegiatan festival pecel ini akan berlangsung sampai 29 April mendatang. Menariknya, pemerintah menggratiskan pecel tersebut di hari tertentu. Salah satunya, di hari pembukaan ini.

‘’Hari ini gratis. Pokoknya cari pecel tidak sulit di Kota Madiun,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi. 

Setidaknya, ada 600 porsi yang disiapkan. Masyarakat bisa menikmati kuliner dari pagi sampai malam. Kegiatan memang dibuka setiap hari sampai 29 April mendatang. Festival dimulai dari pukul 08.00 sampai 22.00. Ada belasan stan pecel yang siap memanjakan wisatawan. Tak kuliner, kegiatan juga diramaikan dengan hiburan musik setiap harinya. Mulai dari keroncong, band, campursari, popdut, tembang kenangan, hingga jazz. 

‘’Di sini lengkap ya. Juga kita tampilkan produk-produk UMKM dari kelurahan. Jadi bisa sekalian berburu oleh-oleh,’’ imbuhnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Madiun Agus Purwowidagdo menyebut masyarakat juga bisa mendapat pecel secara gratis pada 29 April mendatang. Kegiatan Festival Pecel Pincuk tersebut merupakan rangkaian Madiun Festival 2023. Rangkaian kegiatan ditutup dengan pagelaran wayang kulit pada 30 April mendatang. 

‘’Total ada 18 stan lebih. Untuk pecelnya saja ada 12 stan. Selain itu, ada stan oleh-oleh dari UMKM perwakilan Kecamatan dan OPD,’’ ungkapnya. 

Untuk harga satu porsi pecel bisa dapat mulai dari Rp 7 ribu rupiah. Ada beragam lauk yang bisa didapatkan. Mulai empal, ayam goreng, wader, sundukan, dan juga gorengan. (dspp/agi/madiuntoday)