Muncul Genangan Akibat Curah Hujan Tinggi, Tak Lebih Satu Jam Sudah Surut Kembali




MADIUN – Hujan deras masih sering turun di wilayah Kota Madiun. Pun, beberapa kali hingga menimbulkan genangan. Seperti hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Pendekar, Kamis (27/4) sore. Kendati begitu, genangan yang terjadi disejumlah titik sudah langsung surut tidak lebih dari satu jam. 

‘’Petugas kami hadir di lokasi sekitar pukul 18.00 dan ini tim sudah kembali sebelum pukul 19.00 tadi. Kurang dari sejam Alhamdulillah sudah surut,’’ kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Madiun, Yanu Budhilarto. 

Yanu tak menampik adanya luapan air yang masuk rumah. Hasil pendataan petugas, setidaknya terdapat enam rumah di Kelurahan Kartoharjo. Tepatnya permukiman di Jalan Sendang. Di kawasan tersebut memang terdapat aliran sungai. Luapan air yang masuk berkisar 20-30 sentimeter. 

‘’Untuk yang di gang Sendang, penanganan juga dibantu warga setempat secara gotong royong,’’ imbuhnya. 

Hal serupa juga terjadi di wilayah Kelurahan Nambangan Kidul. Tepatnya di Rt 33 dan 34. Luapan air yang sempat memasuki rumah warga sudah surut tidak lebih dari satu jam. Petugas juga membantu mengeluarkan air dengan pompa. Luapan yang masuk juga berkisar 40-50 centimeter. Yanu menyebut genangan tercatat juga terjadi di sejumlah jalan. Di antaranya, Jalan Punthuk, Kalimantan, Sulawesi, Semeru, dan Parikesit, dan Jalan Trunojoyo. Selain karena curah hujan, genangan juga disebabkan karena keterlambatan pembukaan pintu air. 

‘’Kota Madiun sudah tidak seperti dulu. Sekarang, genangan hitungan menit sudah langsung surut,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)