Gelar Kreativitas Jadi Ajang Unjuk Gigi Pelajar di Peringatan Hardiknas




MADIUN – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Madiun semakin seru dengan hadirnya Gelar Kreativitas Siswa dan juga Pameran Kreativitas Siswa. Kegiatan yang berlangsung di kawasan wisata Sumber Wangi itu dijadwalkan selama dua hari. Berbagai keseruanpun tersaji. Mulai dari menyanyi, pantomim, kesenian reog, dan lain sebagainya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati menyebut selain sebagai sarana unjuk gigi hobi dan minat, kegiatan juga sekaligus media pembelajaran pelajar. Khususnya, untuk pembelajaran karakter. Lismawati menyebut pelajar bisa mengasah kepercayaan diri sekaligus bersosial di depan publik. 

‘’Jadi harapannya tidak sekedar memperingati Hardiknas sebagai kelahiran Ki Hajar Dewantara, tetapi juga kita bergerak untuk menuju merdeka belajar, potensi anak-anak bisa dimaksimalkan dengan berbagai kegiatan ini,’’ ujarnya, Selasa (2/5).

Kegiatan tersebut dijadwalkan berakhir, Rabu (3/5) besok. Ada beragam keseruan yang tersaji. Kegiatan juga dilombakan. Lismawati mengajak seluruh masyarakat untuk turut meramaikan. Hal itu, tentu bisa memberikan semangat tersendiri bagi para pelajar. 

Lismawati menyebut kegiatan gelar kreativitas dan pameran tersebut mengiringi kegiatan Gebyar Laptop Chromebook yang berlangsung di Jalan Pahlawan. Gelaran itu juga tercatat sebagai Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Setidaknya, Pemerintah Kota Madiun sudah memberikan 9.400 unit laptop pada 2023 ini. Dua tahun sebelumnya, Pemkot Madiun juga sudah memberikan sebanyak lima ribu lebih laptop. Artinya, total sudah ada 14 ribu lebih unit laptop yang sudah dibagikan kepada pelajar. 

‘’Anak-anak khususnya yang di gelombang awal, sudah memperlihatkan banyak perkembangan ya. Sudah bisa mengoperasikan word, exel, power point, hingga canva. Targetnya memang bisa mengenal dan mempelajari IT,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)