Rasakan Berbagai Kemudahan Belajar, Program Laptop Jadi Primadona Bagi Pelajar




MADIUN – Belasan pelajar di Kota Madiun telah diberikan fasilitas laptop chromebook gratis sebagai sarana belajar. Total ada 14 ribu lebih. 9.400 di antaranya diberikan di 2023 ini. Pembagian sudah dilakukan sejak sebulan terakhir. Kebahagian mereka semakin lengkap lantaran program laptop tersebut juga tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5).

Ada beragam kemudahan yang dirasakan pelajar setelah mendapatkan fasilitas laptop ini. Seperti, Friya Azalea Anindi, pelajar kelas V SDN Kartoharjo 1 ini. Dia mengaku semakin termudahkan seperti saat ujian online yang dulu hanya menggunakan handphone.

‘’Kalau dulu ujian pakai HP sekarang pakai laptop, jadi bisa lebih mudah kan layarnya lebar,’’ katanya. 

Selain itu, dia mengaku juga termudahkan saat belajar di rumah. Laptop memang dibawa pulang ke rumah. Nindi –sapaannya- mengaku bisa mengulang pelajaran yang sekiranya belum dimengerti. Sebab, dalam chromebook tersebut memang sudah dilengkapi dengan materi-materi pembelajaran. Siswa dapat belajar secara mandiri di rumah. 

‘’Misal ketinggalan pelajaran, bisa kita ulang di rumah. Selain itu juga bisa untuk belajar digital,’’ ungkapnya. 

Hal senada juga diungkapkan Pelangi Tunjung Kusuma, pelajar SMPN 2 Kota Madiun itu mengaku banyak terbantu saat mengikuti gelaran olimpiade beberapa waktu lalu. Dia yang biasanya harus berbagi laptop dengan sang kakak, sekarang bisa pegang laptop sendiri. Selain itu, dia bisa menyiapkan proposal olimpiade dengan lebih tenang dan nyaman. 

‘’Tidak harus gantian dengan kakak. Jadi bisa lebih fokus ngerjainnya. Jadi senang sekali. Ini program yang bagus sekali,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)