Tak Hanya Ukir Rekor MURI, Wali Kota Maidi Juga Raih Penghargaan dari Unesa




MADIUN – Perhatian Wali Kota Madiun, Maidi akan dunia pendidikan di Kota Pendekar menarik perhatian tersendiri bagi lembaga pendidikan. Kali ini, datang dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang memberikan penghargaan bagi orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut. Wali Kota Maidi mendapatkan penghargaan atas komitmen dan kepedulian dalam pengembangan bidang pendidikan di Kota Madiun tahun 2023. 

Piagam penghargaan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut diberikan Rektor Unesa Prof Nurhasan kepada Wali Kota Maidi di sela kegiatan Gebyar Laptop Chromebook Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Jalan Pahlawan, Selasa (2/5).

Prof Nurhasan menyebut penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras luar biasa dari Wali Kota Madiun untuk memajukan pendidikan di Kota Pendekar. Program laptop yang dibarengi dengan layanan internet gratis di Kota Madiun salah dua bukti nyata. 

‘’Luar biasa ide dan gagasannya. Ada lompatan-lompatan ke depan. Mas wali ini tidak hanya melakukan hal standar wali kota, tetapi sudah memikirkan untuk 2045, yakni generasi emas di tanah air,’’ katanya. 

Nurhasan menambahkan pelajar Kota Madiun diyakini bakal menjadi salah satu yang mencuri perhatian di tahun emas 2045 tersebut. Sebab, sudah dipersiapkan dari sekarang. Setidaknya, ada fasilitas 14 ribu laptop lebih untuk pelajar dan guru. Wali Kota Maidi, lanjutnya, menyadari akan kekurangan dan potensi lokal. Seperti diketahui Kota Madiun tidak banyak memiliki sumber daya alam. 

‘’Karenanya, SDM kemudian yang digarap. Ini luar biasa, saya apresiasi betul,’’ ujarnya. 

Rektor Unesa itu juga optimis Kota Madiun bisa menjadi percontohan daerah lain ke depan. Pihaknya mengaku siap mendukung melalui berbagai kerja sama. Nurhasan menyebut pihaknya sudah cukup sering menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Madiun. Ke depan, tentu bisa semakin ditingkatkan. 

‘’Tadi saya juga titip pesan terkait dengan kota bahasa. Jadi seperti tagline-nya pak wali IT kita genggam dunia kita kuasai, melalui bahasa kita juga bisa menggenggam dunia,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)