Arus Balik Masih Tinggi, Daop 7 Perpanjang Masa Perjalanan KA Tambahan



MADIUN – Gelombang pemudik pada arus balik Lebaran 2023 rupanya masih cukup tinggi. Tak terkecuali, di wilayah kerja Daop 7 Madiun. Yakni, dari Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar. Untuk itu, Daop 7 Madiun memperpanjang operasional KA tambahan.
Hal ini seperti diungkapkan oleh Manager Humas Daop 7 Madiun Supriyanto. Bahwa, KA tambahan yang biasanya beroperasi hingga 2 Mei 2023 kini diperpanjang hingga 7 Mei 2023. ‘’Karena permintaan cukup tinggi, sehingga diperpanjang operasionalnya,’’ tutur Supriyanto, Kamis (4/5).
Adapun KA tambahan yang disiagakan antara lain KA Brantas Tambahan relasi Blitar- Pasar Senen (PP), KA Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir (PP), KA Malioboro Ekspress relasi Yogyakarta-Malang (PP), KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong (PP), dan KA Tambahan relasi Pasar Turi-Surabaya Gubeng-Gambir (PP).
Menurut Supriyanto, arus balik yang masih tinggi tersebut bisa terjadi karena sejumlah masyarakat menunda kembali ke perantauan. Selain itu, masyarakat lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi di masa Lebaran.
Adapun kota tujuan yang menjadi pilihan favorit penumpang di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Semarang, Solo, dan Bandung.
Selama periode angkutan lebaran, dari 12 April hingga 2 Mei, KAI Daop 7 Madiun telah melayani sebanyak 379.837 penumpang. Angka ini terdiri atas 181.348 penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun dan 198.489 penumpang yang turun. (Ney/irs/madiuntoday)