Banyak Pengunjung Luar Kota, Pasar Burung Srijaya Buka Peluang Jadi Pasar Wisata




MADIUN – Pasar Burung Srijaya Kota Madiun sudah cukup dikenal. Pun, banyak dikunjungi masyarakat dari luar daerah. Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Ansar Rosidi menyebut ada peningkatan kunjungan di Pasar Burung Srijaya pada libur lebaran kemarin. Pengunjung yang datangpun bukan hanya dari Kota Madiun. Namun, juga daerah sekitar. Tak heran, jika kemudian mengemuka harapan keberadaan pasar tersebut bisa menjadi pasar wisata ke depan. 

‘’Peningkatan ada, tapi belum kita hitung pasti angkanya. Yang jelas lebih ramai dari hari biasa,’’ katanya, Rabu (3/5).

Ansar menyebut hal itu merupakan potensi tersendiri bagi Kota Madiun. Apalagi, ada banyak pengunjung dari luar kota. Kondisi itu akan semakin maksimal jika menjadi pasar wisata. Masyarakat tidak hanya mencari barang yang diinginkan, tetapi sekaligus bisa berwisata. Ansar menyebut memang belum ada rencana ke arah sana. Namun, melihat perkembangan Kota Madiun saat ini, tidak menutup kemungkinan hal tersebut bakal terwujud. 

‘’Belum ada (rencana itu). Semoga lebih lanjut ada rencana (pasar wisata),’’ jelasnya. 

Di Kota Madiun memang cukup lengkap. Nyaris semua komunitas sudah terwadahi. Seperti pecinta bunga yang sudah memiliki pasar bunga di Jalan Dawuhan. Ada juga pecinta barang antik di Pasar Templek atau Pasar Mojorejo. Bagi pecinta seni dan bonsai, juga ada pasar seni di Lapak Kelurahan Tawangrejo. Nah bagi pecinta aneka hewan piaraan, ada pasar burung. Keberadaan pasar-pasar tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. (ws hendro/agi/madiuntoday)