Kunjungan Lapangan Lomba PKK Sehat Lestari Berencana, Tim Juri Akui Terkesan Dengan Kota Madiun



MADIUN - Kota Madiun turut berpartisipasi dalam Lomba PKK Sehat Lestari Berencana kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) - Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat kota Provinsi Jawa Timur. 


Prosesi penilaian lapangan berlangsung pada Selasa (9/5). Tepatnya, di Kelurahan Manisrejo sebagai perwakilan Kota Pendekar tahun ini. 


Dalam kunjungan lapangan tersebut, tim juri diajak berkeliling area yang menjadi lokasi penilaian. Di dalamnya terdapat Kawasan Pekarangan Pangan Lestari (KP2L), posyandu balita dan lansia, rumah sehat, bank sampah, serta inovasi tambahan lainnya seperti permainan engkling STBM untuk mengajarkan anak perilaku bersih dan sehat dengan media yang mudah dipahami. 


Selain itu, tim juri juga disuguhi inovasi menarik lainnya. Salah satunya, Rumahnya Sastro. Atau, singkatan dari Rumahnya Sederhana Asri Sehat Tanpa Rokok. Aplikasi dari inovasi ini adalah menyediakan kaleng di pagar rumah warga untuk meletakkan putung rokok. Sehingga, tamu otomatis tidak boleh merokok di dalam area rumah. 


"Dari penilaian lapangan ini hasilnya sudah sesuai dalam paparan," ujar Ketua Tim Juri Lomba, Rety Andini. 


Rety pun mengaku terkesan dengan pelaksanaan PHBS-LBS di Kota Madiun. Khususnya, di Kelurahan Manisrejo. Dirinya pun berharap masyarakat dapat melaksanakan 10 program pokok PKK dengan baik. 


Tak hanya itu, Rety juga berharap Kota Madiun bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam perlombaan ini. 


"Semoga bisa menambah prestasi bagi Kota Madiun," tandasnya. (Radit/irs/madiuntoday)