Bentuk Karakter Siswa, SDN Banjarejo Ajak Siswa Belajar di Markas Batalyon Yonif Para Raider 501/BY




MADIUN - Pembelajaran luar kelas jadi salah satu upaya memacu semangat siswa untuk belajar dan memotivasi agar menumbuhkan semangat belajar dan pengembangan diri. Maka tak heran jika outdoor learning (ODL) jadi salah satu kegiatan yang nge tren beberapa waktu ini.

Seperti yang dilakukan SDN Banjarejo. Siswa-siswi kelas IV sekolah tersebut diajak untuk melatih kedisiplinan dan kerja sama antar teman dengan mengajak para murid ke Batalyon Yonif Para Raider 501/BY.

Di markas tentara itu, para siswa diajarkan wawasan kebangsaan, game kekompakan, hingga pengenalan senjata. Menurut penuturan Ketua Kegiatan ODL Acara Siti Fauzi, kegiatan tersebut sebagai cara sekolah memberikan pengalaman kepada siswa bagaimana cara disiplin dan bekerjasama dengan teman.

“Kami bawa langsung kesini supaya mereka tahu bagaimana bentuk kedisiplinan dan kerjasama. Supaya karakter mereka terbentuk,” ungkapnya, Kamis (11/5).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, ODL ini juga bertujuan untuk memberikan wadah kepada siswa untuk berekspresi sesuai kemampuan yang mereka miliki. Juga, memberikan pemahaman terhadap sesuatu tentang pentingnya karakter yang baik dan menanamkan nilai-nilai yang positif sehingga terbentuk karakter siswa melalui berbagai contoh nyata dalam pengalaman hidup.

“Harapannya setelah adanya kegiatan ini siswa memiliki karakter disiplin dan tentunya bisa jadi referensi cita-cita mereka kelak di masa depan,” pungkasnya.
(istimewa/kus/madiuntoday)