Segera Direvitalisasi, Alun-alun Kota Madiun Bakal Lebih Nyaman Dengan Fasilitas Beragam




MADIUN – Wajah Alun-alun Kota Madiun bakal mengalami perubahan besar. Pemkot Madiun telah menganggarkan dana revitalisasi untuk mempercantik kawasan ruang terbuka hijau (RTH) skala besar itu.

Wali Kota Madiun Maidi mengungkapkan estimasi biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 30 miliar. Namun, tahun ini baru dianggarkan Rp 700 juta untuk perapian dan menambah sejumlah fasilitas. Seperti, pavingisasi tiga dimensi (3D) dan jogging track.

‘’Alun-alun itu pusatnya kota. Maka, kita tambah fasilitas supaya pengunjung lebih nyaman,’’ ujarnya, Kamis (11/5).

Lebih lanjut, wali kota mengatakan bahwa konsep penataan Alun-alun nantinya mirip Simpang Lima Semarang. Akan ada area khusus bagi PKL untuk berjualan. Selain itu, disediakan parkir bawah tanah seperti Alun-alun Surabaya yang mampu memuat ribuan kendaraan.

‘’Bagian bawah untuk parkir. Atasnya untuk olahraga, jalan-jalan, dan kulineran. Harus dibuat bagus supaya menarik perhatian pengunjung,’’ imbuhnya.

Untuk itu, wali kota mewanti-wanti rekanan untuk dapat menyelesaikan proyek tersebut dengan sempurna. Serta, menggunakan bahan-bahan terbaik agar sarana dan prasarana yang tersedia bisa lebih awet dan bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang oleh pengunjung. (Ney/irs/madiuntoday)