Tingkatkan Keterampilan Pemadaman Kebakaran, Satpol PP-Damkar Gelar Pelatihan Bersama BPBD, PMI, Dan Linmas




MADIUN - Dalam upaya memadamkan kebakaran dibutuhkan kerja sama lintas sektor. Semua yang terlibat wajib memahami upaya penanganan kebencanaan. Terutama, dalam menghadapi kebakaran.

Untuk meningkatkan keterampilan di bidang kebencanaan, Satpol PP dan Damkar Kota Madiun pun menyelenggarakan pelatihan bagi petugas lapangan lintas sektor yang sering terlibat dalam upaya penanganan kebakaran. Yakni, BPBD, PMI, dan Linmas.

Latihan gabungan pun dilaksanakan di halaman GOR Stadion Wilis Kota Madiun, Kamis (11/5). 30 personel turut mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam pelatihan tersebut, personel juga diajari cara mengoperasikan bronto skylift dan mobil pemadam kebakaran. Kemudian, ada juga pelatihan dasar penanganan korban bencana.

Plt Kabid Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kota Madiun Gamal Arfan Afandi menuturkan, kegiatan ini akan berlangsung rutin. Yakni, sebanyak empat kali dalam setahun.

"Selain meningkatkan keterampilan, juga sebagai upaya memupuk kekompakan. Karena, kami bekerja bersama-sama di lapangan. Diharapkan sinergi dapat terus terjaga," ujarnya. (Rams/irs/madiuntoday)