RTH Candi Sewu Juga Mulai Dibangun, Ada Lapangan Volinya Juga




MADIUN – Pemerintah Kota Madiun terus menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan direalisasikan tahun ini. Setelah RTH Bumi Mas yang mulai dikerjakan, RTH Candi Sewu Kelurahan Madiun Lor juga telah mulai pengerjaan. Pekerjaan sudah dimulai sejak pertengahan April lalu. Sesuai namanya, RTH ini juga berada di Jalan Candi Sewu.

‘’Untuk di Candi Sewu kita ada tiga pekerjaan utama. Yakni, pembangunan RTH itu sendiri, kemudian lapangan voli dan juga pavingisasi,’’ kata Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka Hijau, Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman Dinas Perkim Kota Madiun Andi Anto, Jumat (12/5).

Dia menambahkan konsep RTH di Candi Sewu pun cukup simpel. Yakni, sebuah taman dengan tempat duduk dan payung peneduh. Namun, tentu saja dengan tambahan pepohonan. Selain itu, juga ada lapangan olahraga. Andi menyebut RTH bisa digunakan untuk berolahraga khususnya bola voli. Aksesnya, jalan berpaving tiga dimensi. Andi menyebut pekerjaan memang baru sebulan terakhir. Namun, sesuai dengan progres.

‘’RTH ini tidak jauh dari Lapak Pesona. Jadi bisa saling mendukung dan melengkapi. Misal setelah berolahraga mampir ke lapak,’’ imbuhnya.

Andi menyebut anggarannya juga sama dengan RTH lain. Yakni, Rp 200 juta. Seperti diberitakan, setidaknya akan ada tujuh RTH di tahun ini. Selain itu, juga ada dua kampung tematik. Untuk kampung tematik dianggarkan Rp 300 juta. Dia menyebut semua pekerjaan RTH sudah dimulai. Dia menargetkan pekerjaan bisa selesai dalam dua tiga bulan ke depan.

‘’Pada prinsipnya kita terus menghadirkan fasilitas umum untuk masyarakat. Sesuai dengan arahan bapak wali kota, lahan-lahan yang belum termanfaatkan akan dioptimalkan,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)