170 CJH Kota Madiun Siap Berangkat ke Tanah Suci




MADIUN - Pada musim haji tahun 2023 ini, sebanyak 170 calon jamaah haji (CJH) asal Kota Madiun siap berangkat ke Tanah Suci. Hal itu seperti yang diungkapkan Subkoordinator Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes-PPKB Kota Madiun Tri Wahyuning Novitasari.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, para CJH telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (bipih). Juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan.

‘’Termasuk rockport sudah selesai,’’ ungkapnya.

Berdasarkan peraturan pemerintah Arab Saudi, lanjut dia, CJH wajib divaksin meningitis. Selain itu juga vaksin Covid-19 sampai dosis kedua.

‘’Meski begitu, untuk vaksin Covid-19 CJH Kota Madiun rata-rata sudah booster pertama. Namun, kami anjurkan tuntas booster kedua,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Vita mengatakan, dari sisi kesehatan CJH Kota Madiun sudah siap diberangkatkan. Vaksin meningitis telah tuntas diberikan awal Mei. Mereka pun diminta latihan fisik ringan di rumah hingga jelang berangkat ke Tanah Suci.

‘’Mereka akan melakukan perjalanan jauh dan lama. Kami harap kebugaran dan kesehatan fisik selalu terjaga,’’ ungkapnya

Saat ini pihaknya tengah mengebut kelengkapan data kesehatan para CJH lewat Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

‘’Saat ini sistem sedang error. Namun kami pastikan kelengkapan data CJH akan segera terselesaikan,’’ tutupnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)